024-8508006

February 14, 2019
MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS FIS UNNES BERSIAP MENYONGSONG MENJADI MASYARAKAT CERDAS (Society 5.0)

Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Menghadapi tantangan tersebut, pengajaran di perguruan tinggi pun dituntut untuk berubah, termasuk dalam menghasilkan dosen berkualitas bagi generasi masa depan.

Revolusi Industry 4.0 memiliki potensi mempengaruhi industri dan ekonomi masyarakat yakni, dengan munculnya society 5.0., yang merupakan bentuk masyarakat baru setelah berburu, pertanian, industri dan masyarakat informasi. Society 5.0 diyakini sebagai hasil dari industry 4.0 karena menciptakan nilai baru dalam hal gaya hidup dan budaya di masyarakat. Industri 4.0 telah merubah cara barang dan jasa dirancang dan dibuat dikirimkan dan dibayar. Masyarakat Cerdas (Society 5.0) khususnya di negara berkembang, inovasi digital telah di adopsi secara luas. Namun ini memunculkan pertanyaan atau masalah bagaimana hal ini mempengaruhi kebutuhan akan kompetensi dibidang tersebut dan cara pemerintah bekerja dalam menyediakan layanan-layanan pelatihan yang dibutuhkan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial  Universitas Negeri Semarang juga berupaya untuk turut serta dalam berbagai bentuk aktivitas yang dapat mendorong tercapainya salah satu tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui pendidikan. Salah satunya adalah dengan melakukan Guest Lecture sebagai langkah awal membangun jejaring dengan instusi lain (13/2), terutama dari luar negeri. Oleh karena itu dalam penyelenggaraan Guest Lecture ilmiah ini bertema “Fenomena Global di Era Revolusi Industri 4.0 dan Siap Menjadi Warga Masyarakat Cerdas (Society 5.0)” yang berkolaborasi dengan Narasumber Dr. Hery Yanto The, S.Sos., MM. dari Zhejiang Yuexiu University of Foreigen Languages.