024-8508006

March 9, 2019
FIS UNNES TURUT SEMARAKKAN DIES NATALIS UNNES KE-54

Pembukaan Dies Natalis Universitas Negeri Semarang ke-54 dihadiri oleh unsur pimpinan Universitas Negeri Semarang dan sejumlah pejabat penting di wilayah Jawa Tengah. Meski diawali oleh hujan gerimis, tetapi pada hari rabu, 6 Maret 2019, Lapangan Prof. Dirham sudah ramai dipenuhi oleh segenap civitas akademika UNNES sejak pukul 06.00 WIB. Acara ini diawali dengan pertunjukan silat dari mahasiswa UNNES yang dilanjutkan dengan rangkaian sambutan, penampilan drum band “Cendrawasih” Akademi Kepolisian RI, senam konservasi, lomba arak-arakan antar komoponen mahasiswa, dan diakhiri dengan pembagian hadiah dan doorprize.

Sebagai bagian dari UNNES, Fakultas Ilmu Sosial turut berpartisipasi dalam semarak pembukaan Dies Natalis UNNES ke 54, mulai dari unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dharma wanita, hingga cleaning service. Semarak kegembiraan itu diwujudkan dengan keikutsertaan seluruh warga FIS dalam rangkaian acara pembukaan. Dalam kegiatan arak-arakan, rombongan dari Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial tampak semarak dengan kostum yang didominasi oleh warna merah. BEM FIS beserta Lembaga kemahasiswaan FIS lainnya mengangkat tema arak-arakan tentang masyarakat pedesaan yang divisualisasikan dengan kostum, property, dan alat music. Salah satu alat musik yang ditampilkan dalam arak-akan tersebut adalah Rontek yang merupakan alat music gabungan dari beberapa kentongan dengan irama yang berbeda yang menciptakan harmoni nada yang indah. Peserta arak-arakan berjumlah sekitar 550 orang ini, bergerak dari lapangan Prof.Dirham menuju Gedung Auditorium sebagai titik akhirnya.

Sementara itu, di Gedung Auditorium Ibu-Ibu Dharma Wanita FIS UNNES  sudah menyiapkan tumpeng yang akan diperlombakan dan tampak antusias mempresentasikannnya di hadapan dewan juri. Setelah melewati proses penilaian, nasi kuning yang gurih beserta ingkung dan ubo rampe- nya menjadi santapan yang lezat bagi peserta arak-arakan yang sudah sampai di Gedung Auditorium.  Tidak kalah  meriahnya, di salah satu pojok stand pameran tampak stand Fakultas Ilmu Sosial yang ramai dikunjungi oleh mahasiswa yang ingin melihat karya-karya dosen FIS dan produk-produk dari laboraturium semua jurusan di Fakultas Ilmu Sosial.

Pada sore harinya, sekitar pukul 15.00, Fakultas Ilmu Sosial kembali menggelar rangkaian kegiatan Dies Natalis Unnes ke 54 dengan acara tadarrusan dan khotmil Qur’an. Jika rangkaian acara pada pagi hari disambut dengan meriah dan suka cita, maka acara ini digelar di Masjid al-Iman FIS UNNES dengan suasana yang khusyu’ dan syahdu. Lantunan ayat demi ayat yang diucapkan oleh 30 orang mahasiswa FIS menjadi kado yang terindah buat hari milad UNNES. Dengan dihadiri oleh Bapak Anwar Haryono selaku Penagnggung Jawab kegiatan Khotmil Qur,an tingkat universitas, Khotmil Qur’an pada putaran pertama ini berhasil menamatkan al-Qur’an dan akan dilanjutkan pada 5 (lima) putaran berikutnya.  Dengan berpartisapsi pada berbagai kegiatan dalam peringatan Dies Natalis UNNES yang ke 54 ini, warga FIS bertekad untuk menjadikan UNNES sebagai Lembaga Pendidikan yang mendunia untuk Indonesia. (al)