JURUSAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI FIS UNNES SELENGGARAKAN WEBINAR KEPENDIDIKAN BERKERJA SAMA DENGAN MGMP SOSIOLOGI JAWA TENGAH DAN AP3SI

Sesuai arahan Dekan FIS UNNES, Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A. bahwa dalam masa pandemi Covid-19  dan adapatasi kebiasaan baru, bukan menjadi alasan untuk mengurangi kreativitas dan kinerja fakultas, jurusan maupun program studi. Terutama di bidang akademik, webinar atau kegiatan secara daring menjadi salah satu alternatif untuk tetap dan terus meningkatkan tugas dan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi.  

Menindaklanjuti arahan Dekan tersebut, Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES telah meluncurkan kegaitan Webinar Seri Kependidikan, pada selasa (25/08/2020). Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES, MGMP Sosiologi Jawa Tengah dan Asosiasi Profesi Pendidik dan Peneliti Sosiologi Indonesia (AP3SI). Dalam kegaitan Webinar Seri Kependidikan yang ke-1 (pertama) ini mengangkat tema tentang “Sharing Asyik Seputar Pembelajaran Online Sosiologi”.

Tampil sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah, dari unsur Dosen Prof. Dr Elly Malihah M. Si Guru Besar Sosiologi UPI Bandung dan Dr. Gunawan M. Hum Dosen Jurusan Sosant FIS UNNES. Selanjutnya perwakilan dari Guru diwakili oleh Suhadi S. Pd., M. Pd Guru SMA 1 Pamotan dan Novi Sulistyani S. Pd Guru SMA 1 Batur. Peserta dalam kegiatan webinar ini sebanyak 100 orang, mereka adalah perwakilan Guru Sosiologi di Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

“Webinar Kependidikan ini merupakan salah satu kegiatan implementasi MoA antara Jurusan Sosiologi dan Antropologi dengan MGMP Sosiologi Jawa Tengah. Webinar Kependidikan ini rencananya akan dilaksanakan secara seri sebanyak 5 kali sebagai upaya untuk menemukan solusi terhadap masalah-masalah yg dihadapi guru sosiologi, utamanya pada masa Pendemi Covid-19.  Secara khusus. pada seri pertama ini, pelaksanaan webinar juga menggandeng AP3SI sebagai bentuk. Kerja kolaborasi antar berbagai lembaga yang terkait, agar pembelajaran sosiologi dapat memberikan aksi nyata bagi masyarakat di masa pandemi Covid 19 ini”, ujar Asma Luthfi, Ketua Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES

Sementara itu, Luluk Wulandari, Ketua MGMP Jawa Tengah mejelaskan bahwa kegiatan webinar ini sangat dirasakan manfaatnya oleh guru-guru Sosiologi di Jawa Tengah, sebab di masa Pandemi Covid 19 guru dituntut untuk menemukan dan mempraktekkan inovasi baru dalam pembelajaran online agar mata pelajaran Sosiologi di SMA dapat diterima dan dipahami oleh siswa walaupun dilakukan secara daring. Kegiatan yang melibatkan kurang lebih 100 orang peserta ini dimulai ada bulang Agustus dengan rangkaian kegiatan sebanyak 5 kali dan direncanakan akan berkakhir pada bulan Desember 2020.

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
fis@mail.unnes.ac.id

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources