Dosen FIS Harus Memanfaatkan Elena dalam Perkuliahan Sebagai Bagian Sistem Daring di UNNES

Untuk memperkuat pemahaman, keterampilan dan peningkatan jumlah dosen dalam memanfaatkan elena, Gugus Panjamin Mutu (GPM) FIS UNNES menyelenggarakan Pelatihan dan Penguatan elena bagi dosen di lingkungan FIS UNNES (1/3/21). Acara dibuka oleh Dekan FIS UNNES, Dr. Moh Solehatul Mustofa, M.A.

Pada kesempatan tersebut, Dekan menekankan bahwa pelatihan tersebut selalu dilaksanakan di awal-awal semester, tidak bermaksud menganggap dosen belum mengenal elena, tetapi memberi fasilitas barangkali ada ada beberapa hal yang terlupa. Terlepas dari keterbatasan dan kekurangan, penggunaan elena merupakan kebijakan lembaga, maka pengguna elena sebagai sistem pembelajaran daring di UNNES sudah perlu diperdebatkan, sehingga dukungann dari seluruh elemen sangat diperlukan sambil terus memperbaiki dan menyempurnakannya.

Kegiatan dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom meeting. Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Tsabit Azinar Ahmad, S. Pd, M. Pd, dosen Jurusan Sejarah, anggota tim GPM FIS UNNES. Peserta dipandu cara mamanfaatkan elena dalam perkuliahan, dari mengenal fitur-fitur sampai proses penilaian terhadap mahasiswa, baik penilaian aktivitas maupun penilaian berbasis produk.

Proses pelatihan berlangsung interaktif, diawali dengan tutorial tahap-tahap pemanfaatan elena. Banyak pertanyaan dan pengalaman yang disampaikan peserta dalam memanfaatkan elena dalam perkuliahan. Iwan Hardi, salah seorang dosen pengampu literasi digital memaparkan pengalamannya dalam memanfaatkan elena, termasuk berbagi tips dan trik dalam mengoptimalkan fungsi fitur-fitur yang ada di dalam elena agar dosen dapat memperkaya konten materi kuliah secara sederhana dan cepat. Iwan mengingatkan bahwa dalam proses imput konten materi di dalam elenan membutuhkan kesabaran karena ada beberapa faktor yang kadang-kadang menjadi hambatan, terutama hambatan yang sering dihadapi adalah keterbatasan jaringan internet yang berpengaruh pada kecepatan dosen dalam memperkaya konten materi kuliah.

Salah satu peserta, Ariyani Indrayati, S. Si mengakui selama ini belum optimal dalam memanfaatkan keberadaan elena dalam proses perkuliahan dikarenakan pemahaman dan penguasaan terhadap elena masih terbatas, Ariyani mengakui, selama perkuliahan daring khususnya dalam pengumpulan tugas selama ini lebih banyak memanfaatkan googlemeet dan WA group. Pemanfaatan elena hanya pada upload tugas karena masih kesulitan memanfaatkan elena.  Melalui pelatihan tersebut harapannya bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan kampus tersebut dengan lebih optimal.

Harapan tersebut selaras dengan harapan Ketua Gugus Penjamin Mutu FIS UNNES, Dr. Arif Purnomo, S. Pd., S. S., M. Pd. Menurutnya, selama ini masih banyak dosen FIS UNNES yang  belum memanfaatkan elena dalam perkuliahan. Melalui pelatihan dan penguatan tersebut diharapkan 100% dosen memanfaatkan elena dalam kegiatan perkuliahan.

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
[email protected]

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources

Department Contact Info

School Of Law

1810 Campus Way NE
Bothell, WA 98011-8246

+1-2345-5432-45
[email protected]

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Student Resources