Mahasiswa Baru FIS UNNES Harus Punya Niat Yang lurus Agar Sukses

Semarang, FIS UNNES. Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) FIS UNNES resmi dimulai hari Jum’at, 20 Agustus 2021. Melalui kegiatan tersebut mahasiswa baru FIS UNNES dikenalkan dengan suasana kehidupan kampus, baik kegiatan akademik, kemahasiswaan, dan kegiatan lain. Pembukaan PKKMB FIS UNNES disajikan secara virtual melalui zoom meeting, sementara panitia menyajikan beragam acara dari kampus secara luring dengan menggunakan protokol kesehatan ketat.

Dr. Moh Solehatul Mustofa, MA, Dekan FIS UNNES menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru dan memberi apresiasi kepada seluruh mahasiswa yang telah mempersiapkan kegiatan bagi mahasiswa tersebut. Selanjutnya, Dr. Moh Solehatul Mustofa, MA menyampaikan beberapa pesan agar mahasiswa sukses dalam studinya.

Pertama, luruskan niat bagi mahasiswa baru, niat saudara untuk kuliah itu harus istiqomah, niatnya harus kokoh. Bapak ibu saudara mengirimkan saudara untuk kuliah itu tujuannya apa? Itu harus jelas setidak-tidaknya saudara sudah dibiayai oleh orang tua, sehingga niat ini harus sekuat mungkin. Niat yang lurus, yaitu mencari ilmu. Mencari ilmu yang diwujudkan dalam bentuk kuliah dan tujuannya dalam jangka pendek adalah harus lulus untuk setiap mata kuliah kemudian berahir sebagai sarjana. Diusahakan berprestasi dan tepat waktu. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut FIS merupakan bagian dari Universitas Negeri Semarang yang menyediakan fasilitas-fasilitas, ada dosen, staf tendik, dan sarana prasarana. Manfaatkan itu semua.

Keberadaan dosen dan tendik dengan para mahasiswa itu seperti dua sayap dari burung yang sama, jadi, mahasiswa adalah salah satu sayap, dan bapak ibu dosen adalah sayap yang lain untuk meraih tujuan yang tinggi. Keduanya harus bisa sinergi. Kalau salah satu sayapnya patah, atau bahkan hanya terluka mungkin burung itu tidak akan mampu terbang tinggi. Untuk itu dosen dan mahasiswa harus ada kerjasama. Karena itu dosen penting memahami mahasiswa dan sebaliknya mahasiswa harus memahami dosen.

Kedua, mahasiswa harus memahi prosedur. Bagaimana proses-proses di dalam perkuliahan supaya mahasiswa bisa menyelesaikan kuliah, karena kalau mahasiswa sehebat apapun namanya tetapi tidak rampung kuliah tetap malu pulang kuliah dan tidak enak dengan orang tua, ahirnya tidak nyaman dengan diri sendiri. Oleh karena itu mahasiswa harus memahami prosedur perkuliahan, misalnya pesan mata kuliah, hadir dalam perkuliahan, dan mengerjakan tugas-tugas.

Ketiga, mempunyai visi misi yang jelas. Jadi, apa yang harus diraih dari perkuliahan ini harus jelas, ingin memiliki keahlian apa?misalnya memiliki kemampuan menjadi juara, melanjutkan ke jenjang berikutnya , atau keahlian apa lagi. Karena bangsa ini membutuhkan para ahli, maka ini harus dipikirkan oleh para mahasiswa.

Keempat, pahami etika dalam berkehidupan bersama. Setiap komunitas itu mempunyai tata aturan untuk kehidupan bersama. Dalam berkehidupan berbangsa ada pancasila sebagai dasar kehidupannya, kemudian di kampus kita juga harus ada. Maka ikuti aturan kampus UNNES. Jangan sampai mahasiswa tidak mengikuti aturan tersebut agar tidak sampai gagal menyelesaikan kuliah. Ikuti juga etika dalam lingkup masyarakat kampus, artinya, jangan sampai membuat masyarakat sekitar kampus dengan kedatangan mahasiswa itu terganggu, justru kehadiran mahasiswa itu harus memberikan rahmatan bagi lingkungan, menciptakan suasana yang nyaman. Inilah etika dalam berundang-undang dasar 45, berpancasila.

Mahasiswa juga dituntut membawa nama baik Unnes, nama baik fakultas, dan nama baik diri mahasiswa sendiri dan juga nama baik keluarga untuk menjadikan Indonesia yang tangguh dan tumbuh.

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
[email protected]

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources

Department Contact Info

School Of Law

1810 Campus Way NE
Bothell, WA 98011-8246

+1-2345-5432-45
[email protected]

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Student Resources