Mahasiswa Mampu Mengambil Pelajaran dari Sejarah Amerika

Semarang, FIS UNNES. Keberadaan Amerika Serikat sebagai negara adikuasa tidak cukup dipandang dari perspektif saat ini saja. Kedigdayaan negara tersebut tidak terlepas dari sejarah panjang yang telah dilalui melalui periode naik turun yang tidak bisa dihapus dari catatan sejarah. Amerika Serikat dan negara-negara lain di Benua Amerika masing-masing mempunyai latar belakang sejarah, geografis, sosial, budaya dan ekonomi yang menegaskan bagaimana kedudukan dan kiprah negara-negara tersebut dalam tata pergaulan dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Atno, S. Pd, M. Pd dihadapan 45 mahasisa Jurusan Sejarah yang mengikuti Mata Kuliah Sejarah Amerika, Jum’at, 27-8-2021 jam 07.00 melalui zoom meeting.

Selanjutnya, pendamping BEM FIS UNNES tersebut secara runtut menyampaikan materi pengantar dan sejarah awal Benua Amerika. Dalam perkuliahan disampaikan pengantar mata kuliah dan bagaimana perkembangan awal dari kehidupan peradaban manusia yang ada di Benua Amerika. Selain itu dalam pengantar disampaikan juga garis-garis besar materi Sejarah Amerika termasuk penyampaian kontrak perkuliahan. Dalam materi Sejarah awal Benua Amerika disampaikan bagaimana benua ini mulai dikenal oleh orang-orang Eropa dan bagaimana gambaran awal budaya kuno di Benua Amerika.

Jika mau berbesar hati, dari perkuliahan ini mahasiswa diharapkan bisa mengambil point-penting terkait bagaimana Sejarah Amerika yang salah satu negaranya yakni Amerika Serikat mampu menjadi negara adikuasa dan bisa mengambil sisi sisi positif dari kemajuan teknologi dan juga ilmu pengetahuan agar bisa dijadikan pelajaran bagi mahasiswa. Kebesaran suatu negara dan kiprahnya pada pergaulan internasional tentu ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya kemampuannya dibidang teknologi.

Pada bagian akhir Atno menegaskan agar mahasiswa mampu memanfaatkan berbagai media belajar baik dari buku, artikel, dan referensi lain yang relevan dengan kebutuhan perkuliahan, termasuk mamanfaatkan media internet untuk mempelajari Sejarah Amerika. Pada era pandemi yang belum jelas kapan berahirnya ini mahasiswa harus harus tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjauhi kerumunan, mencuci tangan dengan air mengalir, dan segera vaksin jika ada kesempatan.

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
[email protected]

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources

Department Contact Info

School Of Law

1810 Campus Way NE
Bothell, WA 98011-8246

+1-2345-5432-45
[email protected]

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Student Resources