UPACARA PENGUKUHAN PROFESOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Prof. Dr. Drs. Juhadi, M.Si. (Profesor Bidang Ilmu Geografi Lingkungan dan Kebencanaan Fakultas Ilmu Sosial)

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menambah jumlah profesornya. UNNES mengukuhkan tiga profesor baru yang siap menjadi pilar baru rumah ilmu pengembang peradaban, Kamis (9/6).

Tiga profesor baru yang dikukuhkan yaitu Prof Dr Drs Juhadi MSi sebagai profesor dalam bidang Geografi Lingkungan dan Kebencanaan, Prof Dr Asih Kuswardinah MPd dikukuhkan sebagai guru besar bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, dan Prof Dr Dewi Selvia Fardhanti ST MT dikukuhkan sebagai profesor bidang Teknik Kimia.

Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan tiga profesor yang dikukuhkan memiliki kecemerlangan pada bidang masing-masing. Dengan kecemerlangan masing-masing itu ketiganya akan memperkuat pilar UNNES sebagai rumah ilmu pengembang peradaban.

Prof Fathur menyampaikan jika diparalelkan dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mental kepeloporan pada diri profesor sangat dekat karakternya dengan mental penggerak.

Prof Fathur menyebutkan ada tujuh karakter mental penggerak yang layak diadaptasi dalam diri profesor.

Pertama profesor pelopor dapat melihat kesulitan sebagai tantangan yang akan mendorong dirinya menjadi orang yang lebih baik.

Kedua, profesor pelopor melihat masalah riil di kampus dan masyarakat sebagai kesempatan untuk mengasah kapabilitasnya.

Ketiga, profesor pelopor mampu memotivasi, mendorong, dan memfasilitasi rekannya untuk berkembang bersama.

Empat, profesor pelopor menyadari sekaligus termotivasi untuk terus belajar agar kompetensi akademik dan kepemimpinannya terus bertumbuh sesuai tantangan zaman.

Kelima, profesor pelopor menyadari bahwa kegagalan bukanlah akhir melainkan proses yang dibutuhkan menjadi pribadi yang lebih baik.

Keenam, mau dan berani membagikan ilmu agar ilmu pengetahuan yang dimiliki memiliki manfaat seluas-luasnya.

Dan ketujuh, profesor pelopor memiliki kemampuan adaptif, menyadari bahwa mahasiswa, komunitas masyarakat, dan ilmu pengetahuan memiliki karakter yang berbeda dan mampu memilih pendekatan yang tepat untuk menyikapinya.

Prof. Dr. Drs. Juhadi, M.Si. menjadi salah satu Profesor yang dikukuhkan pada hari ini menyampaikan pidato mengenai Model Deteksi Dini Kerusakan Lahan Perbukitan-Pegunungan yang sangat relevan dengan kebutuhan dan kondisi bangsa Indonesia yang hidup pada daerah rawan bencana.

Prof Dr Drs Juhadi berhipotesis bahwa cara pandang etnosentris memiliki kontribusi terhadap kerusakan lingkungan, terutama meningkatnya luas lahan kritis di Indonesia. Oleh karena itu, pembangunan ke depan harus dilandasi oleh sebuah cara pandang baru yang menjadikan manusia dan alam sebagai satu kesatuan ekosistem yaitu ekosentrisme.

Gagasan Prof Dr Drs Juhadi tentang model deteksi dini kerusakan lingkungan lahan pertanian dan potensi bencana akan sangat berguna. WebGIS Kunmap yang Prof Dr Drs Juhadi gagasan akan membantu meningkatkan mobilitas dan kecepatan dalam memperoleh informasi mengenai data yang diperlukan sehingga pemanfaatan dan penanganan lahan kritis bisa dilakukan dengan baik dan merupakan gagasan dalam bentuk konkret pengalaman nilai-nilai konservasi.

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
[email protected]

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources

Department Contact Info

School Of Law

1810 Campus Way NE
Bothell, WA 98011-8246

+1-2345-5432-45
[email protected]

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Student Resources