Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S1)

Department
Fakultas Ilmu Sosial

Deskripsi Singkat

Program Studi Pendidikan IPS merupakan Program Studi yang berada dilingkungan Fakultas Ilmu Sosial. Prodi Pendidikan IPS terus mengalami perkembangan baik dari segi jumlah SDM seperti kualitas Dosen dan Tenaga Kependidikan, layanan administrasi, maupun sarana dan prasarana pendukung. Program akademik yang ditawarkan cukup variatif dan kompetitif serta sejalan dengan visi misi Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.   Visi Prodi Pendidikan IPS adalah “Menjadi program studi unggul dalam bidang pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang peduli terhadap lingkungan, berbasis nilai-nilai sosial dan budaya Indonesia, dan bereputasi internasional”

 

Hal tersebut berarti program studi Pendidikan IPS peduli terhadap lingkungan mengenai cara pandang dan sikap perilaku yang berorientasi pada prinsip peduli terhadap lingkungan (pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian dan pengembangan); berbasis nilai-nilai sosial dan budaya Indonesia dengan merevitalisasi nilai yang berakar pada sosial budaya bangsa Indonesia, sehingga lulusan yang dihasilkan memiliki karakter yang berakar pada budaya bangsa Indonesia; dan berupaya menjadi program studi yang memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi di tingkat internasional dalam bidang pendidikan

Akreditasi
Program Studi S1 Pendidikan IPS UNNES telah terakreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT No. 4984/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan Pendidikan IPS adalah mampu :

  • Mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial untuk mencapai keunggulan di bidang kependidikan sesuai dengan tuntutan pada tingkat nasional, regional serta internasiona
  • Memiliki kemampuan profesional yang tinggi untuk menerapkan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan social sesuai dengan tuntutan pembangunan nasional yang berkesinambungan.
  • Memiliki kemampuan menciptakan, menemukan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial bidang kependidikan yang sesuai dengan kompetensi profesionalnya.
  • Memiliki kemampuan mengembangkan dan mengintegrasikan ilmu-ilmu sosial dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan tematik. (5) Memiliki kemampuan menggali dan memecahkan isu-isu kritis sosial yang aktual dalam kehidupan masyarakat.
  • Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  • Menguasai konsep teoritis yang mendalam pada bidang pendidikan IPS, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
  • Mampu memberikan pelatihan IPS menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan menjunjung tinggi nilai prinsip nasionalis
  • Mampu dengan cerdas memberikan bimbingan dalam pembelajaran dan penggunaan IPS.
  • Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religious, toleran, dan bertanggung jawab.
  • Mampu menyelenggarakan pembelajaran IPS menggunakan strategi inovatif, teknologi mutakhir dan suasana yang demokratis.

Pendidikan IPS telah memiliki kurikulum yang berorientasi ke masa depan terutama dalam menghadapi era globalisasi dan perubahan-perubahan permintaan pasar kerja. Kompetisi di antara lembaga-lembaga pendidikan tinggi sejenis akan semakin ketat, sehingga para calon mahasiswa akan memilih perguruan tinggi yang dapat menghasilkan lulusan yang lebih handal di bidangnya agar lebih mudah dalam memperoleh pekerjaan setelah lulus. Keinginan dan kesadaran tersebut menimbulkan upaya pengayaan kurikulum yang mampu menghasilkan sarjana plus yang profesional dan berkarakter Kurikulum Prodi S1 Pendidikan IPS UNNES telah disusun dan dikembangkan berdasarkan visi, misi, sasaran dan tujuan.

Hal ini dapat dilihat pada jenis mata kuliah dan persebarannya pada masing-masing semester yang akan diuraikan pada struktur kurikulum di bawah ini. Pengembangan kurikulum diarahkan kepada dua tujuan, yaitu: (1) pembentukan kemampuan mengelola pembelajaran IPS untuk menghasilkan sarjana pendidikan IPS, (2) pembentukan kemampuan pedagogik yang membentuk profil pendidik. Selain itu, pengembangan kurikulum pada Prodi S1 Pendidikan IPS UNNES memperhatikan perkembangan mutakhir keilmuan dan dunia pendidikan.

Peluang Kerja

Lulusan Program Studi PIPS mampu bekerja dalam berbagai bidang diantaranya menjadi Guru, Dosen, Peneliti, Aktivis LSM, Intansi Pemerintah dan sebagainya.

Kata Alumni

Saiful Anwar, S.Pd. : “Ilmu, Pengalaman dan kenangan adalah tiga hal berharga yang bisa saya dapatkan selama menjadi bagian keluarga pips unnes. Terimakasih kepada semua dosen telah berbagi ilmunya juga atas bimbingannya saat kuliah. Banyak pengalaman dan kenangan selama empat tahun yang bisa saya ceritakan kepada teman-teman saya. Senang rasanya bisa berproses di lingkungan prodi pendidikan IPS FIS UNNES. Semoga kedepannya bisa lebih baik dan semakin bertambah prestasinya.”

Yunike Sulisyosari, S.Pd. : “ Menjadi bagian keluarga PIPS merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa. Prodi Pendidikan IPS Unnes yang sudah memberikan banyak ilmu serta pengalaman sangat berarti bagi saya. Kekeluargaan antara dokumen dan mahasiswa yang erat sehingga dapat menciptakan kenyamanan selama dapat menciptakn kenyamanan selama proses pembelajaran. Ketulusan Bapak dan Ibu Dosen dalam membimbing dan memotivasi selama saya kuliah mendukung sekali terhadap keberhasilan saya menyelesaikan kuliah di UNNES. Menurut saya belajar IPS sangat menyenangkan dengan mengakali berbagai rumpun ilmu sosial dan praktik langsung di masyarakat dengan didukung kreativitas dan keterampilan sosial dosen IPS membuat perkuliahan tidak membosankan.”

Kontak Kami
Alamat Lengkap: Gedung C1 lt 1 FIS UNNES Jl. Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229.
Telepon/ Fax: (024) 76424121
e-mail: pips@mail.unnes.ac.id