Lembaga Kemahasiswaan

Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai fakultas yang mempunyai visi menjadi Fakultas berwawasan konservasi sosial dan bereputasi internasional, tidak dapat dipisahkan dari keberadaan mahasiswa sebagai unsur penting dalam merencanakan berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan FIS UNNES, khususnya yang terkait dengan program kerja Bidang Kemahasiswaan.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIS UNNES

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (BEM FIS UNNES) merupakan badan eksekutif pelaksana program tingkat Fakultas. BEM FIS UNNES merupakan badan pelaksana tertinggi dalam Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang ada di tingkat fakultas yang berperan layaknya sebuah lembaga pemerintahan. Tugas utama BEMF adalah mendinamisasi kemahasiswaan di lingkungan kampus melalui pencerdasan dan pemberdayaan mahasiswa di tingkat bawah. BEM FIS UNNES terdiri dari Pengurus Harian (PH) yang terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua BEMF, Sekretaris dan Bendahara, 1 biro (Biro Manajemen Organisasi), dan 8 Departemen yaitu Departemen Sosial Masyarakat, Departemen Sosial Politik, Departemen Advokasi dan Relasi, Departemen Kelimuan, Departemen Seni dan Olahraga, Departemen Pengembangan Organisasi, Departemen Kewirausahaan dan Departemen Komunikasi dan Informasi.

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FIS UNNES

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (DPM FIS UNNES) merupakan lembaga legeslatif mahasiswa tingkat fakultas. DPM FIS UNNES merupakan lembaga perwakilan mahasiswa yang anggotanya berasal dari berbagai jurusan maupun program studi di lingkungan fakultas dan merupakan perwakilan dari berbagai elemen mahasiswa. Dengan demikian DPM FIS UNNES diharapkan mampu mewujudkan aspirasi segenap lapisan mahasiswa sehingga anggota DPM FIS UNNES harus memperhatikan kepentingan mahasiswa FIS UNNES secara keseluruhan. Untuk itulah, tata cara yang selama ini dilakukan oleh mahasiswa FIS UNNES dalam pergaulannya di fakultas harus diayomi oleh DPM FIS UNNES.

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Sejarah

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Sejarah yaitu lembaga tinggi eksekutif di tingkat Jurusan/Program Studi Sejarah, dengan masa kerja kepengurusan satu tahun. Kepengurusan terdiri dari ketua dan wakil ketua, sekretaris, bendahara dan departemen departemen. 

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Geografi

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Geografi merupakan Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang berkedudukan di tataran Jurusan Geografi, dan beranggotakan seluruh mahasiswa Geografi. HIMA Geografi secara keorganisasian terdiri dari Pengurus Harian (PH) yang meliputi Ketua Hima, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Politik dan Kewarganegaraan

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Politik dan Kewarganegaraan (PKn) dibentuk pertama kali bersamaan dengan pendirian program studi PPKn. Perkembangan waktu HIMA PKn menaungi kegiatan kemahasiswaan dari prodi PPKn dan Ilmu Politik. Tugas HIMA PKn adalah sebagai wadah berlatih berorganisasi untuk mahasiswa PPKn dan Ilmu Politik

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Sosiologi dan Antropologi

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Sosiologi dan Antropologi (Sosant) adalah lembaga mahasiswa eksekutif di tingkat Jurusan Sosiologi dan Antropologi. HIMA Sosant memiliki slogan “Rame ing Gawe Sepi Ing Pamrih” bertujuan membentuk dan meningkatkan mahasiswa yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan ilmiah, kritis, realistis konsisten, bertanggung jawab, memiliki kepribadian luhur, bersolidaritas soaial, setia terhadap negara, bangsa dan almamater.

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Lembaga kemahasiswaan dalam lingkungan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (UNNES) diberi nama Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri semarang (UNNES), yang selanjutnya disingkat HIMA PIPS.

Badan Semi Otonom FIS UNNES

Gugus Latih (Guslat) Ilmu Sosial

Gerakan kepanduan Praja Muda Karana atau disingkat Gerakan Pramuka yang merupakan gabungan dari Kepanduan-kepanduan seluruh Indonesia dimasa kemerdekaan. Kepramukaan sebagai salah satu wadah pembina dan pengembangan sumber daya manusia generasi muda untuk membentuk watak, moral dan kepribadian yang luhur.

Social Adventure Club (SAC)

KSG Sosial Adventure Club mempunyai slogan: Take nothing But Picture (tidak mengambil sesuatu kecuali gambar); Leave Nothing But Footprint (tidak meninggalkan sesuatu kecuali jejak); Kill Nothing But Time (tidak memburu kecuali waktu). KSG Sosial Adventure Club adalah Badan Semi Otonom (BSO) BEM FIS yang didirikan pada tanggal 22 November 2005.

Komunitas Ilmu Sosial Untuk Seni (KISS)

Organisasi Badan Semi Otonom (BSO) Komunitas Ilmu Sosial Untuk Seni (KISS) adalah suatu BSO mahasiswa FIS UNNES yang berkecimpung sebagai wadah bakat dan minat serta potensi mahasiswa FIS UNNES dalam bidang seni. BSO KISS sendiri dipimpin oleh seorang Ketua dan seorang wakil Ketua dan dibatu oleh Sekretaris dan Bendahara.

Kerohanian Islam Fakultas Ilmu Sosial (KIFS)

Organisasi Badan Semi Otonom (BSO) Kerohaniaan Islam Fakultas Ilmu Sosial (KIFS) yang kemudian disingkat KIFS yang bertempat di PKM FIS. KIFS berdiri pada bulan September 1998, organisasi ini menjadi salah satu organisasi yang tangguh dan senantiasa meramaikan panggung dinamika kampus.

English and Research Community (ERC)

English and Research Community atau ERC didirikan pada tanggal 20 Januari 2012 yang berkedudukan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang yang pada awalnya bernama ISEC (Integrated Social English Club) dan kemudian berubah nama menjadi ERC (English and Research Community) pada tanggal 23 Januari 2014.