Kompetisi Pramuka Penegak FIS Unnes 2011

oleh : meldy - dibaca : 1351 kali

Pasca reformasi, kegiatan kepramukaan mengalami sedikit kemunduran. Kepramukaan yang dahulu diwajibkan membuat banyak komponen merasa jenuh sehingga dianggap sebagai suatu hal yang tidak diperlukan lagi. Mungkin inilah yang membuat Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono membuat pernyataan bahwa kegiatan kepramukaan harus direvitalisasi dalam acara sosialisasi nasional Undang-undang gerakan pramuka No 12 tahun 2010 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Semarang 26 April lalu.
Penilaian PioneeringRacana Wijaya Gugus Latih Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang merasa perlu untuk ikut serta membina kembali kepramukaan. Salah satu peran sertanya adalah dengan mengadakan Kompetisi Pramuka Penegak (KOMPAK) 2011 di FIS Unnes. Melalui kegiatan ini diharapkan anggota pramuka golongan penegak dapat saling terhubung kembali, sehingga mampu menghasilkan komunikasi yang baik diantara anggota. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan kegiatan kesakaan di masing-masing gugus akan berusaha menyajikan yang terbaik bagi gugus mereka sehingga kegiatan-kegiatan di gugus-gugus depan akan hidup kembali.

Pembuatan PioneeringDalam kegiatan KOMPAK tersebut ada 4 bidang yang menjadi ajang kompetisi, bidang tersebut antara lain; 1) Lomba Cerdas Cermat Pramuka(LCC), 2) Lomba Karya Tulis Ilmiah Pramuka(LKTI), 3) Lomba Pioneering yang dibagi dalam 2 kategori (Putra dan Putri), serta 4) lomba baris-berbaris (PBB) yang juga dibagi dalam 2 kategori.
Kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu, 27 November 2011 tersebut diikuti oleh 17 pangkalan. Namun Hanya 14 pangkalan yang berhasil memperoleh predikat juara di berbagai bidang. Juara-juara tersebut antara lain: Untuk Kategori LCC Pangkalan SMA N 4 semarang berhasil memperoleh juara 1, diikuti juara 2 dari SMA N 1 purwodadi, dan Juara 3 dari SMA N 1 Toroh Purwodadi. Untuk kategori LKTI Juara 1 diraih oleh Ponpes Darul Amanah Kendal diikuti SMA N 1 Toroh Purwodadi sebagai Juara 2 dan SMA N 1 Karangtengah sebagai Juara 3. Untuk Kategori Pioneering baik Putra maupun Putri, Ponpes Darul Amanah Kendal berhasil kembali meraih Juara 1 diikuti SMK N 1 Semarang sebagai juara 2 Putra dan SMK N 10 Semarang sebagai Juara 2 Putri, sedangkan sebagai juara 3 SMK N 2 Kendal Putra dan SMA N 1 Wirosari yang memperolehnya.
Untuk kategori Lomba Baris-Berbaris baik Putra maupun Putri Juara 3 berhasil diraih oleh SMA Pondok Modern Selamat, sedangkan Juara 2 Putra diraih oleh SMA N 4 Semarang dan 2 Putri oleh SMA N 1 purwodadi, dan Juara 1 Putra oleh SMA N 1 Kaliwungu Kendal serta Juara 1 Putri oleh SMA N 4 Semarang. Dengan perolehan hasil di atas keluarlah Ponpes Darul Amanah Kendal Sebagai Juara Umum KOMPAK tahun 2011.

Berita Terkait