Jurusan Sejarah

A. Visi dan Misi Jurusan Sejarah

     Visi Jurusan Sejarah

Jurusan sejarah FIS UNNES merupakan wadah pengembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sejarah dan ilmu pengetahuan sosial pada umumnya, seni dan budaya serta menghasilkan tenaga akademik dan profesional dalam bidang kependidikan dan nonkependidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

     Misi Jurusan Sejarah

Jurusan Sejarah FIS UNNES menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional dibidang kependidikan dan nonkependidikan dalam berbagai jenjang pendidikan serta mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan sejarah dan ilmu pengetahuan sosial pada umumnya, seni dan budaya memalui penyelanggaraan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

B. Pimpinan Jurusan

Ketua Jurusan                         :  Arif Purnomo, S.Pd,SS.,M.Pd.
Sekretaris Jurusan                  : Dra. C. Santi Muji Utami, M.Hum.
Ketua Laboratorium                : Dra. Rr. Sri Wahyu Sarjanawati, M.Hum.
Kaprodi Ilmu Sejarah              : Drs. Abdul Muntolib, M.Hum.

C. Alamat Kontak

Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial UNNES Gedung C2 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang  50229 Telp: (024) 8508012

D. Program Studi

1. Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)

Progam Studi Pendidikan Sejarah, merupakan salah satu program studi pada Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Program Studi Pendidikan Sejarah berdiri pada bulan Maret 1965, melalui SK Presiden Republik Indonesia Nomor: 271 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965. Berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 004/BAN-PT/Ak-XI/S1/V/2008 tertanggal 9 Mei 2008 tentang Status, Peringkat, dan Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi, Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) telah dinyatakan terakreditasi B.

Visi

Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNNES sebagai lembaga akademik pencetak guru sejarah bertaraf Internasional yang sehat, unggul dan sejahtera.

Misi
  1. menyiapkan dan menghasilkan lulusan pendidikan sejarah yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif.
  2. mendidik mahasiswa agar menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik, vokasi dan profesi yang berakar pada nilai-nilai budaya lokal dan nasional.
  3. menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan pendidikan sejarah yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan peningkatan taraf hidup masyarakat.
Tujuan
  1. menyiapkan dan menghasilkan lulusan pendidikan sejarah yang memiliki keunggulan kompetitif serta relevan bagi kebutuhan masyarakat dan pembangunan;
  2. mendidik mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang berkepribadian nasional, mandiri, cerdas, komunikatif dan memiliki keterampilan sosial yang dibutuhkan bagi peningkatan taraf hidup masyarakat dan pembangunan;
  3. mengembangkan dan menyebarluaskan pendidikan sejarah yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakat.
  4. memberi layanan pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis pendidikan sejarah yang bermutu.

Staf Pengajar

No

Nama

Bidang Studi/Keahlian

1

Prof. Dr. Ari Tri Sugito, SH, MM.

Manajemen Pendidikan
Sejarah Indo. Kontemporer

2

Prof. Dr. Abu Su'ud

Pendidikan IImu Sosial

Sejarah Asia Selatan

3

Prof. Drs. Hartono Kasmadi, M.Sc.

Sejarah Afrika

Teknologi Pendidikan

4

Prof. Dr. Ph. Dewanto, M.Pd.

Metodologi Penelitian

5

Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd.

Pendidikan Sejarah

Sejarah Amerika

6

Drs. Subagyo, M.Pd.

Pendidikan Sejarah

Pengantar IImu Sejarah

7

Drs. YYFR. Sunarjan, MS.

Sej. Perekonomian

8

Drs. Cahyo Budi Utomo, M.Pd.

Manajemen Pembelajaran Sejarah

Sej. Pergerakan Nasional

9

Drs. Hamdan Tri Atmaja, M.Pd.

IImu Politik

10

Drs. Jimmy De Rosal, M.Pd.

Pendidikan IPS

Sejarah Asia Barat

11

Drs. R. Suharso, M.Pd.

Sejarah Daerah

Sejarah Asia Tenggara

12

Arif Purnomo, S.Pd, SS, M.Pd.

Filsafat Sejarah

Evaluasi Pendidikan

13

Romadi, S.Pd.

Pendidikan Sejarah

14

M. Shokheh, S.Pd.

Pendidikan Sejarah

15

Andi Suryadi, S.Pd.

Pendidikan Sejarah

 

2. Program Studi Ilmu Sejarah (S1)

Program Studi Ilmu Sejarah didirikan pada Bulan September 2002, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No.139/D/T/2002 tertanggal 25 Januari 2002 mengenai penyelenggaraan Program Studi Ilmu Sejarah S-1, dan diperbaharui dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 399/D/T/2007 tanggal 1 Maret 2007 mengenai perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Sejarah S-1. Pada tahun 2008, Prodi Ilmu Sejarah telah mendapat akreditasi dari BAN PT. Berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 002/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008 tertanggal 26 April 2008 tentang Status, Peringkat, dan Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi, Program Studi Ilmu Sejarah (S1) telah terakreditasi B.

Visi

Prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Unnes sebagai lembaga akademik yang menghasilkan Sejarawan budaya  dan kepariwisataan bertaraf Internasional, yang sehat, unggul dan sejahtera.

Misi

  1. menyiapkan tenaga di bidang sejarah yang memiliki  keunggulan dalam bidang budaya dan kepariwisataan yang kompetitif dan komparatif.
  2. mendidik mahasiswa agar menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik,vokasi dan profesi yang berakar pada nilai-nilai budaya lokal dan nasional.
  3. menerapkan, mengembangkan, menyebarluaskan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan sosial yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Tujuan

  1. menyiapkan dan menghasilkan lulusan sarjana sejarah  yang memiliki keunggulan dalam bidang budaya dan kepariwisataan yang kompetitif serta relevan bagi kebutuhan masyarakat dan pembangunan.
  2. mendidik mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang berkepribadian nasional, mandiri, cerdas, komunikatif dan memiliki ketrampilan sosial yang dibutuhkan bagi peningkatan taraf hidup masyarakat dan pembangunan.
  3. mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan sosial yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas ilmu-ilmu sosial dan taraf hidup masyarakat.
  4. memberi layanan pendidikan, dan latihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu-ilmu sosial  yang bermutu.

Staf Pengajar

No

Nama

Bidang Studi/Keahlian

1

Prof. Dr. Wasino, M.Hum.

 Sejarah Sosial

2

Drs. Jayusman, M.Hum.

 Sejarah Asia

3

Drs. Karyono, M.Hum.

 Sejarah Eropa

4

Dra. Santi Muji Utami, M.Hum.

 Sejarah Indonesia XVIII-XIX

5

Dra. Rr. Sri Wahyu Sarjanawati, M.Hum.

 Pra Sejarah Indonesia

6

Dra. Ufi Saraswati, M.Hum.

 Sejarah Indonesia Abad IV-XIV

7

Drs. Ba’in, M.Hum.

 Historiografi Indonesia

8

Drs. Abdul Muntholib, M.Hum.

 Sejarah Kebudayaan Indonesia

9

Drs. Ibnu Sodiq, M.Hum.

 Sejarah Indonesia Abad XVII-XVIII

10

Nina Witasari, S.S., M.Hum.

 Sejarah Amerika

11

Insan Fahmi Siregar, S.Ag., M.Hum.

 Sejarah Kebudayaan Islam