Program Unggulan

A. Jurusan Sejarah

.:: Museum Mini Jurusan Sejarah

Jurusan Sejarah mengembangkan Museum Mini Jurusan Sejarah yang berisi koleksi peninggalan prasejarah (fosil, alat-alat batu, dan sebagainya), peninggalan Hindu Budha seperti arca, stupa, replika candi, dan lain-lain, dan peninggalan masa kerajaan Islam pertama, khususnya kerajaan Demak. Di samping itu juga terdapat koleksi mata uang, busana daerah, dan peninggalan-peninggalan budaya lainnya.
Museum Mini Jurusan Sejarah diperuntukkan tidak hanya bagi mahasiswa Jurusan Sejarah untuk praktik peninggalan sejarah, tetapi juga bagi semua siswa sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), yang ingin mengembangkan pemahamannya tentang peninggalan sejarah Indonesia.

.:: Historical Room

Jurusan Sejarah mengembangkan ruang perkuliahan untuk sejarah Amerika, Eropa, Asia, dan Indonesia. Dengan penataan ruang perkuliahan sejarah kewilayahan tersebut, mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif atas materi yang diberikan. Dengan desain itu juga diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah yang ingin mengembangakn ruang belajar sejarah.


B. Jurusan Geografi

Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang memiliki suatu program unggulan sebagai salah satu alternatif untuk mewadai dan mendukung kegiatan-kegiatan Tri Dharma, yakni diberi nama Pusat Kajian Sain Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh. Selanjutnya Pusat Kajian ini diberi nama Sentra SIG.
Sentra SIG sebagai Pusat Kajian Sain Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh,  pada awal berdirinya adalah sebuah badan pengkajian dan pelayanan sistem informasi geografis atau dikenal dengan singkatan BP2SIG. yang didirikan oleh Universitas Negeri Semarang melalui Surat Keputusan Rektor Nomor: 84/P/2000 tertanggal 29 September 2000.  Pada saat itu secara struktural lembaga ini berada langsung di bawah koordinasi Rektor. Selanjutnya dalam rangka merespon adanya tuntutan perkembangan era teknologi sistem informasi, dan semakin meningkatnya pengguna jasa sistem informasi geografis untuk berbagai bidang kepentingan, serta tuntutan profesionalisme agar dapat berkembang dan berfungsi secara optimal maka badan tersebut kemudian di restrukturisasi dan diintegrasikan pada jurusan/program studi yang relevan yakni Jurusan Geografi, melalui Surat Keputusan Rektor UNNES Nomor: 36/0/2003. Mulai saat itulah nama BP2SIG UNNES  berubah status dan pengelolaannya, yakni dikelola oleh Laboratorium Geografi Universitas Negeri Semarang.

Untuk memacu perkembangan dan memudahkan birokrasi dan komunikasi dengan mitra-mitra kerja, serta agar potensi-potensi yang dimiliki oleh Jurusan Geografi  UNNES lebih berdaya guna dan berhasil guna, maka dibentuk suatu lembaga independent, yang diberi nama  Sentra SIG.
Sentra SIG mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait dengan sistem informasi geografis, memiliki kemampuan akademik dan teknis sehingga mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan bagi pembangunan daerah, regional dan nasional. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa jenis layanan Sentra SIG yakni

1. Penelitian dan pengembangan Sain Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh

2. Pelatihan Ketrampilan Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh

3. Penyedia jasa pembuatan Peta berbasis Penginderaan Jauh dan SIG

4. Penyedia Layanan Konsultasi Survei dan pemetaan

5. Pelayanan Penjualan Peta Rupa Bumi dan Atlas Produk BAKOSURTANAL

6.  Pelayanan dan Pengadaan Citra Satelit berbagai tingkat Resolusi.

7.  Penyedia media pembelajaran

Pemanfaatan SIG dan Penginderaan Jauh dalam setiap kegiatan perencanaan wilayah sudah menjadi keharusan. Untuk itu perlu diantisipasi dengan memperbaharui sarana dan prasarana Laboratorium SIG, Laboratorium Penginderaan Jauh, Laboratorium Kartografi, Laboratroium Pengembangan Wilayah, serta Laboratorium Pengembangan Media Pembelajaran Geografi. Ke depan, dengan semakin lengkapnya sarana dan prasarana tersebut, akan dikembangkan Aplikasi Geo Scanning untuk mengetahui berbagai informasi yang ada di dalam bumi secara cepat dan akurat untuk berbagai kegunaan.


C. Jurusan Politik dan Kewarganegaraan

Jurusan PKn memiliki program unggulan Laboratorium PPKn multifungsi berbasis IT (Multimedia), meliputi laboratorium microteaching yang dilengkapi dengan kamera, handycam, kamera speedome, PC dan LCD, sound system dan audio video recorder. Selain itu terdapat pula laboratorium multimedia yang dilengkapi dengan PC sebanyak 32 unit dan software.
Laboratorium PPKn multifungsi berbasis IT (Multimedia) Jurusan PKn FIS Unnes memiliki tujuan dan fungsi sebagai berikut

1. Meningkatkan performance (keterampilan) mengajar mahasiswa calon PPL

2. Membuat dan mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT

3. Penelitian tentang aktualisasi nilai-nilai Pancasila

4. Merangsang dan memfasilitasi kegiatan penelitian kolaboratif antara dosen dan Mahasiswa.

Manfaat dari laboratorium PPKn multifungsi berbasis IT (Multimedia) Jurusan PKn FIS Unnes adalah sebagai berikut

.:: Manfaat Internal

1. Mahasiswa memperoleh peluang untuk meningkatkan performance mengajar sebagai bekal PPL

2. Mahasiswa dan dosen dapat mengembangkan multimedia pembelajaran dan inovasi pembelajaran berbasis ICT

3. Mahasiswa dan dosen memperoleh peluang untuk memanfaatkan laboratorium dalam rangka pengembangan penelitian kolaboratif

4. Manfaat Eksternal adalah melayani kebutuhan masyarakat/stakeholder untuk  pengembangan pembelajaran kreatif dan inovatif

Jenis layanan dari laboratorium PPKn multifungsi berbasis IT (Multimedia) Jurusan PKn FIS Unnes adalah sebagai berikut :

1.Peningkatan performance (keterampilan) mengajar mahasiswa calon PPL

2.Pembuatan media berbasis ICT

3.Memfasilitasi kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa

4.Pengkajian dan penelitian tentang aktualisasi nilai-nilai pancasila

Dalam rangka meningkatkan performance laboratorium PPKn di masa yang akan datang akan dikembangkan home theatre.


D. Jurusan Sosiologi dan Antropologi

Jurusan Sosiologi dan Antropologi memiliki program unggulan yang terdiri atas

1. Pengembangan Kompetensi Keguruan untuk disiplin Sosiologi dan Antropologi

2. Pengembangan Riset Masyarakat dan Kebudayaan masyarakat Pesisir

3. Pengembangan Produksi Media atau Film Pembelajaran dan Film Informasi

   Pembangunan.

4. Pengembangan kemampuan menulis buku, artikel ilmiah dan artikel untuk jurnal

5. Pengembangan kemampuan menjadi konsultan pembangunan dan pemberdayaan

    Masyarakat.

Untuk mewujudkan program unggulan tersebut dalam kurikulum Peogram Studi Pendidikan Sosiologi disediakan mata kuliah rumpun pendidikan, mata kuliah Metodologi Penelitian, Statistik, dan Metode Penulisan Karya Ilmiah. Selain itu untuk menigkatkan profesionalisme keguruan bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi diselenggarakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah-sekolah. Bagi Prodi Antropologi Sosial nantinya diselenggarakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang diselenggarakan melalui kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta yang mengembangkan kegiatan pembangunan masyarakat dan kebudayaan.


Praktikum Laboratorium merupakan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam sejumlah keahlian melalui praktik membuat media pembelajaran dan media film informasi pembangunan, praktik membuat karya ilmiah, praktik pengembangan kurikulum Sosiologi dan Antropologi serta praktuik jurnalistik budaya.
Berkenaan dengan upayaa tersebut, di Jurusan Sosiologi dan Antropologi dibentuk unit-unit laboratorium multimedia, yaitu:

1. Unit Pengembangan Kurikulum Sosiologi dan Antropologi

2. Unit Pengembangan Riset Masyarakat dan Kebudayaan Pesisir

3. Unit Pengembangan Poduksi Media Pembelajaran dan Film Informasi Pembangunan

4. Unit Pengembangan Kemampuan Menulis Buku dan Artikel Ilmiah

5. Unit Pengembangan Perencanaan Program Pengembangan dan Pemberdayaan

   Masyarakat

6. Unit Pelayanan Perpustakaan Jurusan.