(024) 85xxxx1

FIS
Universitas Negeri Semarang
March 27, 2017

Beri Pelatihan Soft Skill Mahasiswa, Prie GS : Mari Menghargai Diri Dengan Layak

[:id]prie gs

Sebanyak 150 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES mengikuti pelatihan soft skill, Jumat (24/3) di gedung Dekanat C7 lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial, kampus sekaran UNNES.

Pembicara dalam pelatihan soft skill kali ini merupakan seorang budayawan lulusan IKIP Semarang (sekarang Universitas Negeri Semarang), Supriyanto GS atau lebih dikenal dengan Prie GS.

Prie menyampaikan pentingnya bagi mahasiswa untuk memberikan penghargaan diri dengan layak dan semestinya. Penghargaan diri ini merupakan wujud pemaknaan hidup bagi setiap orang. Dengan menghargai diri, setiap orang akan mampu menumbuhkan kepercayaan diri dan menghilangkan rasa minder.

Terlebih lagi, mahasiswa harus mampu memaknai hidup dengan menunjukkan kepedulian sosial, kemampuan, dan keterampilannya. Menggunakan ketiga hal tersebut untuk berbagi kebaikan dengan lingkungannya.

Dalam pelatihan yang bertema “Kepedulian Sosial dari Perspektif Budaya” ini, turut hadir Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Drs Ngabiyanto MSi dan Dosen pendamping Lembaga Kemahasiswaan (LK) dilingkungan Fakultas Ilmu Sosial.

Drs Ngabiyanto MSi menyampaikan, pengembangan diri bagi mahasiswa dilakukan melalui dua hal utama yakni pendidikan karakter dan peningkatan prestasi. Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui berbagai progam, salah satunya pelatihan soft skill. sementara peningakatan prestasi dilakukan melalui keikutsertaan mahasiswa dalam berbagai ajang perlombaan dan kompetisi.

Ia menambahkan melalui program soft skill tersebut, diharapkan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial lebih tanggap dan peduli terhadap isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat. Setelah menemukan isu dan permasalahan tersebut, mahasiswa harus berupaya untuk mencari solusi yang tepat bagi masyarakat. (Mery, Dwi 2017)

 [:]