(024) 85xxxx1

FIS
Universitas Negeri Semarang
August 2, 2018

Dua Dosen FIS UNNES Presentasi Artikel dalam 12th International Conference on Malaysia – Indonesia Relations (12th ICMIR)

Dua dosen Jurusan Sosiologi & Antropologi FIS UNNES WhatsApp Image 2018-08-02 at 13.15.17(Nugroho Trisnu Brata & Didi Pramono) mempresentasikan artikelnya yang berjudul “The Ban of the Use of Cantrang Fish Net, Illegal Fishing, and Ship Sinking in Indonesia”, yang diselenggarakan oleh University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di Kuala Lumpur, Malaysia.
Artikel tersebut mencoba mengkaji alasan Indonesia melarang penggunaan cantrang dan alasan penenggelaman kapal-kapal pelaku illegal fishing.
Selanjutnya kesimpulan dari artikel tersebut menyatakan bahwa, trawl yg kemudian dimodifikasi menjadi cantrang, merupakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. Sehingga, cantrang dan perilaku illegal fishing sama sama merugikan rakyat dan Pemerintah Indonesia. Ikan dan biota laut di Indonesia dapat terkuras habis, sehingga nelayan Indonesia tidak dapat bekerja menangkap ikan, kebutuhan protein & bahan makanan dari ikan sulit tercukupi, & pemerintah tidak mendapat pemasukan dari proses penangkapan maupun pengolahan ikan.

Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNNES memberikan apresiasi atas capaian akademik yang sudah di raih oleh dua Dosen FIS tersebut. Selanjutnya Dekan berpesan agar pengalaman yang didapat selama mengikuti kegiatan Seminar Internasional dapat dibagi kepada dosen dan mahasiswa di lingkungan FIS UNNES guna mendukung visi UNNES sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.