(024) 85xxxx1

FIS
Universitas Negeri Semarang
April 26, 2019

FIS UNNES KUATKAN KERJASAMA DENGAN FKSW UNIVERSITI MALAYSIA SABAH

FIS UNNES memperkuat kerjasama dengan Fakulti Kemanusiaan, Seni dan Warisan (FKSW) Universiti Malaysia Sabah.

Pada Jumat (26/4/2019) bertempat di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, kedua instansi sepakat menandatangani naskah kerjasama yang dilakukan oleh Dekan. Isi naskah kerjasama meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, student mobility, penelitian bersama, joint educational projects, joint publication, dan kolaborasi kegiatan akademik lainnya seperti konferensi/seminar, simposium, guest lecturer, kuliah umum dan lain-lain.

Dalam sabutannya, Dekan FIS UNNES Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A. menerima dengan penuh semangat ajakan FKSW Universiti Malaysia Sabah untuk meningkatkan implementasi kerjasama kedua belah pihak. “FIS UNNES siap menjalin kerjasama akademik yang lebih intens dengan FKSW Universiti Malaysia Sabah dengan mengoptimalkan segala potensi/sumber daya yang ada dalam rangka mengembangkan diri menjadi fakultas bereputasi internasional”, tambahnya.

Setelah penadatangan naskah kerjasama dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan tema “Sejarah Hubungan Indonesia – Malaysia” oleh narasumber Prof Madya Dr A Rahman Tang Abdullah. Kuliah umum ini mendapat perhatian yang antusias dari dosen dan mahasiswa FIS UNNES yang memenuhi ruang di Gedung C7 Lantai 3 FIS UNNES.

Narasumber menyampaikan sejarah hubungan Indonesia – Malaysia yang pasang surut dengan adanya beberapa konflik kedua negara namun semua dapat diakhiri dengan baik dan damai. Kuliah umum ini tentunya bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan Sejarah Hubungan Indonesia – Malaysia.

Pada hari yang sama, setalah Kuliah Umum juga diadakan Seminar Tertutup, Program Pewasitan Buku dan pembahasan kerjasama yang lebih mendetail yang dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan fakultas dan jurusan/prodi di lingkungan FIS UNNES, sedangkan dari pihak FKSW Universiti Malaysia Sabah diwakili oleh Prof Madya Dr A Rahman Tang Abdullah, Encik Fazli Abd Hamid, dan Dr. Azali Saudi.