(024) 85xxxx1

FIS
Universitas Negeri Semarang
October 23, 2019

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI SUKSES GELAR KOMPETISI SOSIOLOGI NASIONAL V TAHUN 2019

Sabtu (19/10) telah terselenggara Kompetisi Sosiologi Nasional V di Gedung C7 lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.  Kompetisi yang diselenggarakan oleh HIMA Jurusan Sosiologi & Antropologi FIS UNNES ini diikuti oleh 503 siswa SMA/MA dari seluruh Indonesia. Kompetisi ini merupakan perhelatan yang dilakukan setiap dua tahun sekali. Dengan mengusung Tema “Great Sociology Competition for Smart Millennials Generation”,  acara ini berlangsung sangat meriah sebab dirangkaikan dengan Seminar Nasional untuk guru pendamping dengan nara sumber Prof.Dr. Tri Marhaeni Pudji Astuti, M.A, Guru Besar Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES.

 

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNNES, Dr. Moh.Sholehatul Mustofa, M.A. Dalam sambutannya, Dekan FIS UNNES menjelaskan bahwa kompetisi Sosiologi Nasional V ini merupakan salah satu ajang bergengsi di Fakultas Ilmu Sosial sebab mampu mendatangkan siswa dan guru dari seluruh Indonesia. “Acara ini jangan hanya dimaknai sebagai kompetisi semata, tetapi lebih tepatnya menggugah semangat dan kesadaran kritis siswa-siswa SMA untuk mengapresiasi Ilmu Sosiologi dan problem-problem kemanusiaan,” ucap Dr. Moh.Sholehatul Mustofa, dalam sambutannya

 

Muhammad Tohir, Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan ini berbeda dari kompetisi Sosiologi sebelumnya, sebab tidak lagi menggunakan kata Olimipade Sosiologi  dan babak penyisihan dilakukan secara on line. Dari 503 peserta, sebanyak 125 peserta yang berhasil lolos dan mendapatkan undaangan ke UNNES untuk bertanding pada babak perempat final.  Bentuk tes untuk babak perempat final adalah tes tertulis yang akan menjaring 15 peserta untuk maju ke babak semi final. Di babak semi final ini, peserta berkompetisi menulis essay terbaik dengan soal studi kasus. Setelah itu, terjaring 6 peserta untuk masuk pada babak grand final dengan bentuk lomba adalah presentasi materi, tanya jawab dengan dewan juri dan pemecahan kasus masalah kebudayaan.

 

 

Peserta yang berhasil menyabet jurara pada kompetisi Sosiologi SMA/MA se-Indonesia V ini adalah Abel Yosafat dari SMA Don Bosco III Cikarang sebagai juara 1, Zulfikar Fahmi Putra dari SMA N 2 Semarang sebagai juara II, dan Theresa Angelica dari SMA Tarakanita Gading Serpong sebagai Juara III. Sementara itu Juara Harapan I diraih oleh Feryzka Royidiana dari MAN 2 Kota Kediri, Juara Harapan II diraih oleh Mellisa Indah Pratiwi dari SMAK Frateran, Surabaya, dan Juara Harapan III diraih oleh Yasmin Muna dari SMA IT Nur Hidayah, Surakarta.

 

“Selamat kepada para juara, lanjutkan tradisi prestasi ini. Kalian adalah calon dokter sosial  masa depan, yang akan banyak berkontribusi bagi penyelesaian masalah-masalah sosial di masyarakat”, ujar Asma Luthfi, S,Th,I, M,Hum, Ketua Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES sembari menutup acara Kompetisi Sosiologi SMA/MA se-Indonesia V.