024-8508006

July 25, 2018
FIS UNNES adakan Pelatihan Penulisan Artikel Populer Mahasiswa

Penulisan Artikel 2

“Yang dibutuhkan adalah keberanian untuk menulis sebuah artikel opini,“ ungkap Andy Suryadi, dosen Sejarah FIS UNNES, dalam acara Pelatihan Penulisan Artikel Populer Mahasiswa FIS 2018 bertempat di gedung C7 lantai 3, Rabu (25/7).

Pelatihan ini yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIS UNNES, Drs. Ngabiyanto M.Si., yang diikuti oleh puluhan mahasiswa perwakilan dari semua Jurusan dan Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa mahasiswa sekarang ini harus bisa menulis di berbagai media, jangan hanya bisa menulis di status sosmed saja. “Kabarkanlah kebaikan UNNES lewat artikel di media popular!” lanjut WD III FIS UNNES.

Acara terdiri atas pemaparan materi tentang penulisan artikel oleh Andy Suryadi, dan juga penerapan materi yang diperoleh dengan praktik menulis artikel opini. “Untuk menulis sebuah artikel opini tidak diperlukan bakat khusus. Dalam hal ini yang diperlukan hanyalah kemauan dan kerja keras serta kesukaan untuk membaca atau mencari informasi“ tambah Andy Suryadi yang juga aktif menulis artikel opini diberbagai surat kabar Nasional.

Setiap penulis menginginkan agar artikelnya dimuat dalam media, baik media cetak maupun elektronik. Berkaitan dengan ini Andy Suryadi membagikan tips jitu agar tulisan dapat tembus media, antara lain mengenali karakter media, mempelajari rubrik, topic aktual, menggunakan kalimat efektif, memberikan penjelasan singkat, serta menulis sesuai bidang ilmu yang dikuasai.