024-8508006

August 15, 2018

FIS UNNES SELENGGARAKAN WORKSHOP PENILAIAN ANGKA KREDIT DOSEN

foto kegiatan

“Dosen sebaiknya memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk dapat menilai kinerjanya, sehingga memudahkan dosen ketika mengajukan usul kenaikan pangkat/jabatan fungsional akademik”. Demikian penyataan Dekan FIS UNNES, Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A. saat membuka acara Workshop Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen pada Rabu (15/8/2018) di Gedung C7 Lantai 3 FIS UNNES.

Kenaikan jabatan akademik/pangkat dosen merupakan bagian tidak terpisahkan dengan pengembangan karier dosen, yang juga merupakan bentuk pemberian penghargaan pemerintah atas prestasi kerja yang dicapai dosen.

Untuk itulah FIS UNNES perlu membekali dosen agar dapat menghitung dan menilai kinerjanya sendiri untuk Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen, dengan menghadirkan narasumber ahli dari UNDIP, Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si. yang saat ini juga menjadi Tim Penilai Angka Kredit Dosen Nasional.

Dalam kesempatan ini, Narasumber menjelaskan secara gamblang hal-hal yang terkait dengan kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 92 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya.

Selain itu juga disampaikan kisi-kisi POS (Prosedur Operasional Standar) untuk pengusul dan tim Penilai Angka Kredit (PAK) dalam penilaian usulan kenaikan jabatan akademik/pangkat dosen.

Peserta workshop berkesempatan menggali lebih jauh informasi dalam sesi tanya jawab dengan narasumber yang dimoderatori oleh Drs. Apik Budi Santoso, M.Si. yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIS UNNES.