024-8508006

January 17, 2019

Studium Generale Jurusan Geografi FIS UNNES kerjasama dengan UPSI Malaysia

Mengawali tahun 2019, Jurusan Geografi FIS UNNES menggelar Studium Generale bekerjasama dengan Department of Geography Faculty of Human Sciences Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Acara yang dilaksanakan pada Rabu (16/1/2019) mengambil tema “Education for Sustainable Development Goals (ESD): What are Teachers Contribution for Urban Climate Issues” dengan narasumber Assoc. Prof. Dr. Mohd Hairy Ibrahim dari UPSI Malaysia.

Tema tesebut saat ini menjadi masalah global yang dihadapi oleh semua negara baik negara maju maupun negara berkembang, dan merupakan salah satu dari agenda penting dari UNESCO. Untuk itu, perlunya pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dengan melibatkan peran guru/dosen untuk turut mengatasi masalah dan tantangan tersebut. Pendidikan seharusnya dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan sikap yang memberdayakan peserta didik untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Menurut Ketua Jurusan Geografi FIS UNNES, Dr. Tjaturahono Budi Sanjoto, bahwa studium generale ini adalah bagian dari implementasi kerjasama dengan mitra internasional (MoA) antara FIS UNNES dengan Faculty of Human Sciences UPSI, yakni dengan adanya program visiting profesor/visiting lecturer untuk kedua insitusi. Sebelumnya pada bulan Desember dosen dari Jurusan Geografi FIS UNNES juga telah berkunjung ke UPSI Malaysia untuk menguatkan kerjasama dalam bidang Tridharma PT dan Publikasi Jurnal Ilmiah.