024-8508006

March 18, 2019
Prodi SPW Gelar Kuliah Umum dan Demo Presentasi Peralatan 3D Lasser Scanner

FIS UNNES gandeng berbagai mitra dari dunia usaha/industri untuk pengembangan sarana dan parasarana pendidikan untuk mendukung peningkatan pelayanan  Tridharma Perguruan Tinggi di era Revolusi Industri 4.0 saat ini.

Salah satu mitra yang selama ini aktif bekerjasama sebagai penyedia/distributor peralatan laboratorium, khususnya di Jurusan Geografi FIS UNNES adalah PT. ASABA yang merupakan Distributor Alat Survei Pemetaan.

Pada Senin (18/03/2019) di Ruang Laboratorium Geografi, Lilik S. Riyadi selaku Sales Executive PT. ASABA memberikan kuliah umum dan demo presentasi teknologi 3D Laser Scanner di hadapan mahasiswa antara Program Studi Survei dan Pemetaan Wilayah D3.

Lilik menjelaskan bahwa teknologi 3D Laser Scanner, adalah proses mengumpulkan data permukaan dan bentuk objek kemudian ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi. 3D laser scanner atau scanner 3D mirip dengan kamera, dengan sudut pandang conus (kerucut tiga dimensi). 3D Laser Scanner memanfaatkan teknologi laser untuk akuisisi data survei. Dimana data yang dihasilkan umumnya berupa titik-titik (point cloud) yang juga merupakan koordinat dari objek atau lingkungan sekitar secara real. Data dari laser scanner kemudian ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi yang tentu saja akan sangat berguna untuk kepentingan-kepentingan rekayasa engineering dalam berbagai aspek.

Drs Saptono Putro M.Si selaku Koordinator Program Studi Survei dan Pemetaan Wilayah D3 juga berharap fakultas dan jurusan dapat terus meningkatakan kapasitas dan kualitas sarana dan prasarana laboratorium, salah satunya dengan menggandeng mitra seperti PT. ASABA (Tim Warta FIS).