024-8508006

April 1, 2019

Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK, dan Kebudayaan BAPPENAS sampaikan Kuliah Umum di FIS UNNES

Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D yang merupakan Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) menjadi narasumber dalam Studium Generale yang menyampaikan materi “Rancangan dan Pengembangan Perguruan Tinggi”.

Acara dilaksanakan di Gedung C7 Lantai 3 FIS UNNES pada Jumat (29/3/2019) sehari setelah acara Guest Lecture dengan pembicara dari Punjabi University Patiala India. Acara ini memang sudah dipersiapkan dalam rangka Dies Natalis ke-54 UNNES dengan kegiatan ilmiah yang bermanfaat bagi pengembangan UNNES.

Bapak Amich Alhumami menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan rancangan dan pembangunan perguruan tinggi. Menurut beliau, masih sedikit masyarakat Indonesia yang mengenyam pendidikan tinggi yakni sekitar 30% saja. Hal ini menyebabkan kualitas Sumber Daya Manusia kita kalah dibanding dengan negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand salah satunya karena penduduk yang berpendidikan tinggi relatif lebih besar dibanding Indonesia.

Lebih lanjut Amich Alhumami menjelaskan bahwa Indonesia masuk dalam kategori negara Lower middle-income trap atau lower middle-income countries yakni negara berpendapatan rendah-menengah dan masih kesulitan untuk melakukan lompatan untuk masuk menjadi negara maju baru.

Penyebab rata-rata pendapatan masyarakat Indonesia masih rendah karena faktor pendidikan dan kualitas Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu kedepan, perlu adanya peningkatan dan pemerataan layanan pendidikan tinggi serta kualitas perguruan tinggi, sehingga dapat meningkatkan masyarakat produktif/kompetitif dan berpendidikan tinggi. Hal lain yang akan menjadi prioritas dari pemerintah adalah mengurangi kesenjangan kualitas perguruan tinggi di Indonesia yang ada di klaster 1 dan klaster di bawahnya, yakni dengan memindahkan secara bertahap pusat-pusat unggulan pendidikan tinggi dari perguruan tinggi/universitas yang sudah mapan (seperti: UI, ITB, UGM) kepada perguruan tinggi/universitas yang ada di klaster menengah dimana UNNES termasuk salah satunya (bs).