024-8508006

April 13, 2019
PUSKAMADES JALIN KERJA SAMA DENGAN DESA MEDONO KABUPATEN KENDAL

Dalam rangka mengembangkan peran perguruan tinggi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, Pusat Kajian dan Pengembangan Masyarakat Pedesaan (PUSKAMADES), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang menjalin kerja sama dengan Desa Medono Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Pendandatangan MoA  (Memorandum of Agreement) dilakukan di Balai Desa Boja pada hari Jum’at, 5 April 2019. Bentuk kerja sama antar kedua lembaga tersebut meliputi aspek tridharma perguruan tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Ketua PUSKAMADES, Dr. Gunawan, M.Hum, menjelaskan bahwa dipilhnya Medono sebagai desa mitra PUSKAMADES didasarkan pada lokasi desa yang berada di lereng gunung ungaran dengan potensi pertanian lahan kering yang bagus, tetapi belum dikembangkan secara maksimal. “Sebelum penandatangan MoU ini, kami sudah merintis kegiatan selama 2 tahun terkahir ini berupa penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan praktek penerapan metode PRA (Participatory Rural Appraisal),” ujar Dr.Gunawan.

Sebagai tindak lanjut dari beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya, pada tahun ini PUSKAMADES akan merintis KKN Keilmuan yang melibatkan beberapa mahasiswa dari Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi dan beberapa mahasiswa dari program studi yang lain. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kerja sama antar Lembaga, meningkatkan aktualisasi mahasiswa pada pembangunan desa, dan sekaligus meningkatkan kapasitas masyarakat desa Medono.(al)