024-8508006

April 13, 2019
Riset Kolaborasi Mahasiswa Jurusan Sosiologi Dan Antropologi UNNES dengan Mahasiswa Prodi Antropologi UNPAD

Dalam rangka memperkuat tridharma perguruan tinggi, Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES melakukan kerja sama berupa riset kolaborasi dengan Program Studi Antroplogi Universitas Padjadjaran. Riset Kolaborasi ini melibatkan 38 orang mahasiswa Prodi Antropologi UNPAD dan 20 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi UNNES. Penelitian dilaksanakan di Kawasan Pecinan Semarang pada tangal 11-12 April 2019 dengan mengangkat tema tentang “Makanan dan Kebudayaan Komunitas China Peranakan di Kota Semarang”.

Sebelum menuju ke lokasi penelitian, Dosen dan Mahasiswa Prodi Antropologi UNPAD terlebih dahulu berkunjung ke Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, UNNES pada hari Kamis, 11 April 2019. Dalam sambutannya, Kuncoro Bayu Prasetyo, S,Ant, M.A, Ketua Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum bagi UNNES dan UNPAD dalam mengembangkan tridharma perguruan tinggi secara kolaboratif. Selain untuk memperkuat jejaring kerja sama antar lembaga, kegiatan ini juga dapat mengembangkan kelimuan antropologi dengan mempertemukan dua tradisi kelimuan yang dikembangkan oleh masing-masing Lembaga.

Senada dengan itu, Dr, Rina Hermawati, S.IP, M.Si, Ketua Program Studi Antropologi Universitas Padjadjaran mengatakan bahwa kunjungan mahasiswa dan dosen Prodi Antropologi UNPAD ke Kota Semarang tidak hanya untuk mencari data tentang tradisi kuliner masyarakat China Peranakan, tetapi juga ingin merintis kerja sama dengan Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES, khususnya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dari rintisan riset kolaborasi ini, kedua lembaga mengharapkan adanya kerja sama lanjutan yang akan semakin memperkuat peran kedua Lembaga, baik dalam dunia akademik, maupun dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. (al)