024-8508006

April 30, 2019

WORKSHOP PEMBUKAAN PROGRAM S1 ANTROPOLOGI UNNES HADIRKAN GURU BESAR ANTROPOLOGI UGM

 

Workshop pendirian Program Studi S1 Antropologi yang diadakan oleh Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang yang dilaksanakan pada hari senin, 29 April 2019 di Gedung C7 lantai 2 menghadirkan Prof.Dr. Heddy Shri Ahimsa Putra, guru besar Antropologi UGM.

 

Dalam materinya, Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa Putra menjelaskan bahwa pendirian Program Studi S1 Antropologi harus mempertimbangkan konteks corak masyarakat dan budaya di wilayahnya dan latar belakang Sumber Daya Manusia yang dimiliki Lembaga. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengembangan lembaga dan membentuk identitas dan kekhasan kajian. Untuk pemberian nama program studi, Prof Heddy menyarankan untuk memakai nama Program Studi Antropologi sesuai dengan nomenklatur Kemenristek-Dikti agar lebih leluasa mengembangkan keimuan antropologi.

 

“Sebagai universitas LPTK, Program Studi S1 Antropologi UNNES sebaiknya mempertimbangkan 4 (empat) focus kajian, yakni Antropologi Pendidikan, Antropologi Konservasi, Antropologi Globalisasi, dan Antropologi Pariwisata. Kajian-kajian di dalamnya diarahakan kepada paradigma antropologi dan studi kawasan”, lanjut Guru Besar Antropologi UGM tersebut.

 

Senada dengan hal tersebut,  Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNNES, Dr.Moh.Solehatul Mustofa , MA menjelaskan bahwa pilihan Antropologi Pendidikan dan kajian Globalisasi dapat menjembatani kebijakan pemerintah terkait dengan Revolusi Industri 4.0.

 

Hasil dari workshop tersebut menjadi masukan untuk penyusunan visi misi dan struktur kurikulum program studi S1 Antropologi UNNES (al)