024-8508006

May 3, 2019
FIS UNNES Gelar Kuliah Umum Menyambut Ramadan Tahun 2019/1440 H

 

Menyambut datangnya bulan Ramadan Tahun 2019/1440 H, FIS UNNES menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Peran Agama dalam Pembangunan Karakter Bangsa”, yang dihadiri seluruh dosen dan tenaga kependidikan FIS UNNES.

Acara dilangsungkan di Gedung C7 Lantai 3 FIS UNNES pada Jumat (03/5/2019) dengan narasumber adalah KH. M. Thoyib Farhani yang juga pimpinan/pengasuh pondok Pondok Pesantren Al-Uswah di Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati Semarang.

Dekan FIS UNNES, Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A. dalam sambutannya mengatakan setiap dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa FIS UNNES hendaknya memiliki karakter dan akhlak yang baik, yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam menjalankan tugas dan kewajibannya masing-masing. Peran agama dapat menjadi sebuah kekuatan spritual yang membimbing seseorang untuk menghadapi berbagai kesulitan atau kesusahan sebagai bagian ujian dalam kehidupan manusia.

Sedangkan KH. M. Thoyib Farhani dalam kuliah umum ini menekankan pembangunan karakter, khususnya umat muslim dengan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Karena dalam puasa seseorang dilatih jujur dan tertib serta taat pada aturan, yakni harus menjalankan puasa sesuai dengan ketentuan dan aturan, seperti saat berbuka dan sahur, serta menghindari segala hal yang dapat membatalkan puasa maupun pahala puasa.

Karena itu KH. M. Thoyib Farhani mengajak semua umat muslim menyambut gembira dan bahagia datangnya bulan Ramadan 2019/1440 H dengan menjalankan puasa selama sebulan penuh dan memperbanyak ibadah. “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni”  sesuai HR. Bukhari No. 38 dan Muslim no. 760, tambah beliau.