024-8508006

May 9, 2019
Penguatan Program UNNES Menuju Klaster 1 dan PTN-BH di FIS

Pada Rabu (8/5/2019) di Gedung C7 Lantai 3 FIS,  Wakil Rektor Bidang Perencanaan & Kerja Sama (WR 4) UNNES, Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum. menjadi nara sumber utama dalam acara  Penguatan Program UNNES Menuju Klaster 1 dan PTN-BH.

Dihadapan segenap pimpinan fakultas, jurusan, prodi, dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa FIS UNNES,  WR 4 kembali menegaskan kebijakan dan program UNNES yang harus dilaksanakan oleh semua warga dan unit kerja UNNES, terutama FIS UNNES untuk mendukung tercapainya UNNES menjadi universitas Klaster 1 sekaligus penguatan UNNES menjadi PTN-BH.

Beberapa point penting yang disampaikan WR 4, antara lain FIS UNNES perlu mempertahankan akreditasi prodi A dan mengusahakan agar prodi yang masih terakreditasi B dapat meningkat menjadi teraktreditasi A. Demikian pula, prodi yang sudah terakreditasi A  dapat ditingkatkan mendapat sertfikasi atau akreditasi internasional/Asia (AUN-QA).

Publikasi artikel jurnal maupun prosiding, baik nasional maupun internasional harus terus ditingkatkan,  khususnya publikasi dalam jurnal bereputasi internasional atau terindeks Scopus. FIS UNNES sendiri pada tahun 2018 sudah berhasil mencapai 24 judul publikasi dalam jurnal internasional bereputasi, dan pada tahun 2019 ditargetkan dapat mencapai 71 judul publikasi.

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia, khususnya jumlah dosen yang berkualifikasi Doktor yang harus terus ditingkatkan. Saat ini jumlah doktor di FIS sejumlah 31 orang dari 110 total dosen atau sekitar 28%. Disamping itu FIS masih perlu usaha keras untuk dapat meningkatkan income generating dengan memanfaatkan segala potensi atau sumber daya yang dimiliki.