024-8508006

July 5, 2019
PROF.DR.ABU SU’UD, SANG PROFESSOR TELADAN ITU TELAH TIADA

 

Kepergian Prof.Dr. Abu Su’ud meninggalkan duka mendalam bagi segenap civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Guru Besar bidang Pendidikan Sejarah ini menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Kariadi Semarang pada hari Kamis, 4 Juli 2019 setelah ashar di usia 83 tahun. Segudang karya ilmiah yang telah beliau torehkan dalam rangka pengembangan kajian-kajian ilmu sejarah dan ilmu pengetahuan sosial. Tidak hanya itu, pria kelahiran Tegal 27 Juli 1938 ini juga memiliki karya monumental dalam kajian agama, karya popoler bidang sosial, dan esai-esai ringan di berbagai media massa.

 

Prof.Dr. Abu Su’ud memulai karirnya sebagai CPNS pada tahun 1966 dan mencapai gelar professor pada tahun 1990 dengan pangkat terakhir Pembina Utama IV/e yang diraihnya pada tahun 1995. Selama menjadi tenaga pengajar di Universitas Negeri Semarang, Prof.Dr. Abu Su’ud telah memberikan pengabdian , dedikasi, dan teladan kepada mahasiswanya dan Lembaga UNNES. Professor yang dikenal dengan kerendahan hati, kedalaman ilmu dan ketinggian spiritualnya ini tercatat pernah menjadi Ketua MKU dan MKDK UNNES, Ketua Prodi Filial Pendidikan Sejarah di Tegal, Pengelola Program Pendidikan IPS Program Pascasarjana, dan Ketua Program Studi IPS Program Pasca Sarjana Uiversitas Negeri Semarang. Setelah melewati  pengabdian sebagai abdi negara selama 42 tahun, Prof. Abu Su’ud memasuki masa purna tugas pada tahun 2008.

 

Untuk menghargai jasa-jasa Prof.Dr. Abu Su’ud dan mengantarkan beliau pada peristirahatan terakhinya, UNNES melakukan upacara persemayaman jenazah pada hari Jum’at tanggal 5 Juli 2019. Upacara  yang berlangsung di Gedung Auditorium ini dipimpin langsung oleh Prof.Dr.Fathur Rahman, M,Hum, Rektor Univesitas Negeri Semarang yang didampingi oleh Dr.Moh.Sholahatul Mustofa, M.A, Dekan Fakultas Ilmu Sosial yang memacakan riwayat hidup Prof.Dr. Abu Su’ud. Dalam upacara ini, hadir pula Prof.Dr.Masrukhi, Rektor Univeristas Muhammadiyah Semarang yang mewakili keluarga untuk menyerahkan jenazah dari keluarga ke Universitas Negeri Semarang untuk disemayamkan. Acara persemayaman jenazah berlangsung khidmat mengiringi kepergian Prof,Dr.Abu Su’ud untuk selamanya. Selamat Jalan Prof.Dr. Abu Su’ud, semangat pengabdianmu menjadi inspirasi civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial. (al)