024-8508006

August 15, 2019

FIS UNNES TERUS TINGKATKAN PERKULIAHAN MODEL BLENDED LEARNING

FIS UNNES pada Kamis (15/8/2019) menyelenggarakan Workshop Penyusunan RPS dan Blended Learning Semester Gasal 2019/2020.

Dekan FIS UNNES, Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A. dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar penerapan perkuliahan Blended Learning di FIS UNNES dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu, hal ini sesuai dengan regulasi dan arahan dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan perkuliahan daring di era revolusi industri 4.0.

“Tuntutan kinerja dosen dalam Tridhrama PT yang semakin tinggi membuat mobilitas dosen juga semakin tinggi, baik untuk penelitian, pengabdian kepada masyarakat maupun untuk menulis karya ilmiah atau buku. Adanya kuliah daring akan membantu dosen untuk tetap dapat melaksanakan perkuliahan walau tidak bisa datang langsung ke kampus karena sedang melaksanakan tugas lain, di sisi lain mahasiswa tetap memperoleh layanan perkuliahan yang mejadi haknya”, ungkap Dekan FIS UNNES.

Menghadirkan salah satu pakar Blended Learning UNNES, Riza Arifudin, S.Pd., M.Cs. (FMIPA UNNES), semua dosen FIS UNNES dengan antusias menyimak paparan narasumber tentang program dan penerapan Blended Learning.

Narasumber menekankan bahwa Blended learning adalah sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, dan dalam dunia pendidikan di era industri 4.0 saat ini, perkuliahan daring memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran sehingga mahasiswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pelajaran disampaikan, bisa dilakukan dari mana saja secara online maupun offline.

Ketua Gugus Penjaminan Mutu FIS UNNES, Dr.scient.med. Fadly Husain S.Sos., M.Si. yang bertindak sebagai moderator workshop, menambahkan bahwa pada semester genap 2018/2019 mata kuliah FIS UNNES yang menerapkan perkuliahan dengan model Blended Learning atau kuliah “Bauran” sekitar 20%, dan pada semester gasal 2019/2020 ini ditargetkan mata kuliah yang menerapkan perkuliahan blended learning mencapai 40 hingga 50%.

Workshop Penyusunan RPS dan Blended Learning Semester Gasal 2019/2020 dilajutkan dengan unggah RPS dan Bahan Ajar oleh semua dosen secara online di Sikadu 2.0, sehingga diharapkan sebelum perkuliahan perdana semester gasal 2019/2020 pada tanggal 26 Agustus 2019 semua RPS dan Bahan Ajar mata kuliah sudah terunggah di sistem (bs).