024-8508006

August 23, 2019

DR. EVA BANOWATI RAIH JABATAN PROFESOR, SEMAKIN KUATKAN SDM FIS UNNES

Dr. Eva Banowati, M.Si. secara resmi telah berhasil meraih jabatan akademik sebagai Profesor/Guru Besar dalam Bidang Ilmu Geografi Sosial.

Kabar gembira tersebut sesuai SK Menristekdikti Nomor 27753/M/KP/2019 tanggal 19 Agustus 2019 yang menyebutkan beliau naik jabatan dari Lektor kepala menjadi Guru Besar terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2019.

Wanita kelahiran Pati pada 29 September 1961 ini menjadi dosen di Jurusan Geografi FIS UNNES, terutama sebagai pengampu mata kuliah Geografi Sosial dan Geografi Pertanian sejak tahun 1989, seusai menyelesaikan studi Sarjana Pendidikan Geografi di IKIP Semarang tahun 1984. Beliau kemudian studi lanjut S2 Geografi UGM lulus tahun 2001, dan meraih gelar Doktor Geografi UGM Tahun 2011.

Prof. Dr. Eva Banowati, M.Si. yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Program Studi Sarjana Geografi FIS UNNES, saat ditemui Tim Warta FIS UNNES mengucapkan rasa syukur atas karunia Allah SWT dan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung beliau meraih Jabatan Profesor.

Beliau justru mengungkapkan tanggung jawabnya kini semkin berat dan besar, karena sesuai dengan perundangan dan ketentuan. Profesor memiliki kewajiban khusus menulis buku dan karya ilmiah serta menyebarluaskan gagasannya untuk mencerahkan masyarakat.

Secara jelas tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor, bahwa Profesor diwajibkan paling sedikit 3 (tiga) karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional; atau paling sedikit 1 (satu) karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi, dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun. Selain itu, Profesor juga harus menghasilkan buku atau paten; atau karya seni monumental/desain monumental dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun, tambah beliau.

Dekan FIS UNNES, Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A. atas nama pimpinan dan seluruh keluarga besar FIS UNNES mengucapkan selamat dan sukses, turut bangga dan bahagia atas keberhasilan Prof. Eva Banowati tersebut.

Dekan berharap dengan bertambahnya satu Profesor di FIS UNNES dari lima menjadi enam, akan dapat semakin menambah kekuatan dan keunggulan SDM FIS dalam upaya meningkatkan pelayanan dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi. (bs)