024-8508006

September 27, 2019

PELATIHAN KARAKTER BAGI MAHASISWA BIDIKMISI FIS 2019

Pelatihan ini adalah untuk mendidik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (FIS UNNES) agar  lebih mengenal nilai dan karakter yg dikembangkan oleh UNNES sebagai Universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Selain itu, mahasiswa juga diberi materi tentang nilai dan karakter konservasi sosial yg dikembangkan oleh FIS, tujuan utama dari pelatihan ini adalah membentuk mahasiswa yg berkarakter, peduli dan berprestasi agar UNNES bisa mendunia untuk Indonesia. Acara diselenggarakan ( 24/9/19 ) di Gedung C7 Lantai 3 FIS UNNES dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIS Arif Purnomo SPd SS MPd dan diikuti oleh semua mahasiswa FIS penerima beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 sebanyak 195 mahasiswa.

Dr Sos Puji Lestari SPd MSi adalah bagian dari tim narasumber. Dalam kesempatan ini beliau menekankan kembali makna dari Arum Luhuring Pawiyatan ing Astanira. Arum (semerbak) yang menggambarkan optimisme dan semangat yang tidak pernah padam dalam memperjuangkan cita-cita mulia, kemulyaan dan harumnya perguruan tinggi UNNES (arum luhuring pawiyatan) bergantung di tangan anda (ing astanira). Kemulyaan (luhuring) perguruan tinggi (pawiyatan) dalam hal ini UNNES di tangan anda (ing astanira). Anda adalah mahasiswa FIS. Dalam hal ini mengandung karakter moral dan karakter kinerja. Karakter moral yang dibangun  yakni; 1) karakter tanggung jawab. Tanggung jawab individu dan tanggung jawab sebagai bagian dari komunitas; 2) pengendalian diri; 3) keteladanan, serta 4) cerdas dan santun. Sedangkan karakter kinerja yang dibangun dalam pemaknaan spirit ini adalah; 1) disiplin, dan 2) kerjasama.

Selain itu Iwan Hardi S SPd MPd dan Syaiful Amin SPd MPd juga melatih skill mahasiswa FIS untuk lebih peduli terhadap diri, sesama, lingkungan dan istitusi. Kepedulian ini memuat nilai-nilai inti sosial yang mampu mengantarkan mahasiswa menemukan identitas sejati umat manusia sebagai makhluk sosial (mery).