024-8508006

October 8, 2019

KULIAH TAMU JURUSAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI HADIRKAN WAKIL PIMPINAN REDAKSI SUARA MERDEKA

Dalam rangka mengembangkan konsepsi mahasiswa terhadap bidang kepenulisan artikel ilmiah populer di media massa, Jurusan Sosiologi dan Antropologi, FIS, UNNES melaksanakan kuliah tamu dengan topik “Proses Sebuah Berita Tayang” Kegiatan ini berlangsung saat mata kuliah Penulisan Kreatif Ilmiah dan Populer yang diselenggarakan di Gedung C2 ruang 209 pada hari Senin, 7 Oktober 2019, pukul 07.00-09.45 WIB dengan pengampu mata kuliah Prof.Dr.Tri Marhaeni Pudji Astuti, M.Hum. Kuliah tamu ini sebagai manifestasi kerjasama dengan lembaga media massa dalam bentuk pengajaran untuk meningkatkan budaya menulis di kalangan civitas akademika, sekaligus sebagai ajang untuk mensinergikan dunia kampus dengan dunia industri.

Pada kegiatan kuliah tamu ini, Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES menghadirkan Bapak Agus Toto Widyatmoko selaku Wakil Pimpinan Redaksi Suara Merdeka. Dalam kegiatan perkuliahan tersebut, Agus menjelaskan alur produksi tulisan sehingga lolos kualifikasi penerbitan di media massa. “Untuk memenuhi persyaratan tersebut, penulis harus berorientasi pada beberapa indikator yang telah ditetapkan oleh pihak penerbit. Selain itu, dalam pemberitaan di media massa, penulis harus dapat mengenali karakteristik berita yang akan ditayangkan yang terbagi dalam hardnews, human interest, opini, surat pembaca, pojok, wacana/karangan khas, fotografi, grafis dan iklan”, ungkap Agus dalam materi kuliah tamunya. Lebih lanjut, Agus menjelaskan cara pembuatan berita yang layak dikonsumsi oleh publik dengan kaidah piramida terbalik serta pembuatan headline judul yang mampu menarik interest pembaca.

Acara yang berlangsung hingga pukul 09.00 WIB tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab yang dilontarkan oleh beberapa mahasiswa Sosiologi dan Antropologi berkenaan dengan materi yang telah disampaikan Bapak Agus Toto Widyatmoko. Tri Ayu Kesmua Dewi (19) menanyakan tentang karakteristik hardnews dan human interest dengan kasus VIC dan Akbar Kurniawan (19) menanyakan tentang nilai berita dan nilai estetika yang dapat disandingkan di dalam konten mojok.com. Dengan adanya agenda kuliah tamu ini, diharapkan mampu meningkatkan partisipasi aktif dari kalangan civitas akademika dalam mempublikasikan dan menuangkan gagasannya melalui media massa yang bermanfaat bagi khalayak umum. (Kontributor berita, Risalah Devi Anugrah dan Evi Kristiawati, Mahasiswa SosAnt 2018)