024-8508006

October 11, 2019

MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN IPS LAKUKAN OBERVASI MATA KULIAH DI CANDI NGEMPON DAN KAMPUNG RAWA

Sejumlah 90 mahasiswa semester I (Angkatan 2019) Prodi Pendidikan IPS FIS UNNES mengikuti kegiatan Observasi Mata Kuliah dengan terjun langsung ke lapangan pada Rabu (9/10/2019) lalu. Candi Ngempon yang terletak di Kelurahan Ngempon Kabupaten Semarang dan Kampung Rawa di Ambarawa menjadi tujuan kegiatan ini.

Dr. Sos. Puji Lestari, M.Si. selaku Koordinator Prodi Pendidikan IPS menyatakan bahwa Observasi Mata Kuliah  merupakan salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya sekaligus melengkapi materi mata kuliah dasar dan pengantar yang diterima oleh mahasiswa Semester I.

Mahasiswa di Candi Ngempon, belajar mengenai sejarah berdirinya candi dan pemanfaatan candi dalam kegiatan ibadat umat Agama Hindu Kabupaten Semarang. Sedangkan di Kampung Rawa, mahasiswa mengeksplorasi geliat perekonomian masyarakat sekitar dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat, menggali data penting yang dibutuhkan sebagai proses belajar, lanjut Dr. Puji Lestari.

Pada kegiatan observasi mata kuliah ini mahasiswa dibimbing oleh dosen Pendidikan IPS, yakni Noviani Ahmad Putri, S.Pd., M.Pd., Khoirul Anwar, S.Pd., M.Pd., Ferani Mulyaningsih, S.Pd., M.Pd., dan Fitri Amalia Shintasiwi, S.Hum, MA. (bs)