024-8508006

November 15, 2019

FIS UNNES BERTAMBAH SATU PROFESOR

Kamis (14/11/2019), Dr. Eva Banowati, M.Si. secara resmi dikukuhkan sebagai Profesor/Guru Besar dalam Bidang Ilmu Geografi Sosial oleh Rektor UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum di Gedung Auditorium UNNES Sekaran.

Dalam pidato pengukuhan berjudul “Sinergi Partisipasi dalam Realisasi Ketahanan Pangan dan Pengentasan Kemiskinan”, Eva Banowati menyebut permasalahan pangan dan kemiskinan antara lain disebabkan karena tingginya pertumbuhan penduduk, berkurangnya luasan lahan pertanian, kemampuan lahan menurun dan anomali cuaca baik berupa kekeringan maupun banjir.

Eva Banowati berharap pemanfaatan lahan secara optimal serta pemberdayaan petani akan dapat meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus menjamin ketahanan pangan. Sedangkan pengentasan kemiskinan khususnya di pedesaan dilakukan dengan kelayakan luasan lahan pertanian per rumah tangga, pendidikan praktis budidaya tanaman pangan yang sesuai dengan kondisi fisik lahan.

Lebih lanjut Prof. Eva menegaskan ada tiga hal yang diyakini dapat mengentaskan masalah kemiskinan, yakni memprioritaskan perluasan kesempatan kerja, meningkatkan kualitas infrastruktur pendukung, dan menguatkan sekotor pertanian.

Pencapaian Jabatan Profesor ini tidak lepas dari kegigihan dalam pengabdian beliau sebagai Dosen Jurusan Geografi FIS UNNES, khususnya sebagai pengampu mata kuliah Geografi Sosial dan Geografi Pertanian sejak tahun 1989.

Prof. Dr. Eva Banowati, M.Si. yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Laboratorium Geografi FIS UNNES Periode 2019 – 2023, mengucapkan rasa syukur atas karunia Allah SWT dan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung beliau meraih Jabatan Profesor.

Dekan FIS UNNES, Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A. atas nama pimpinan dan seluruh keluarga besar FIS UNNES mengucapkan selamat dan sukses, turut bangga dan bahagia atas keberhasilan Prof. Eva Banowati tersebut.

Dekan berharap dengan bertambahnya satu Profesor di FIS UNNES akan semakin menambah kekuatan dan keunggulan SDM FIS dalam upaya meningkatkan pelayanan dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi. (bs)