024-8508006

October 19, 2016

MANFAATKAN ALAT IDB, JURUSAN SEJARAH KEMBANGKAN RUMAH PRODUKSI

[:id]peresmian-sejarah

“Pemanfaatan alat-alat IDB harus diarahkan kepada sektor kreativitas dan produktivitas kelembagaan. Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai Lembaga Penghasil Tenaga Kependidikan (LPTK) harus mendukung terciptanya rumah produksi media pembelajaran. Karena hal tersebut akan mendorong kemajuan dan modernitas pada dunia kependidikan itu sendiri. Mata Sejarah Production (MSP) harus mampu menyajikan media pembelajaran yang menarik dan tidak rumit, tanpa menghilangkan unsur kreativitas dan inovasinya, sebagaimana UNNES adalah sebagai Rumah Ilmu” ungkap Dekan FIS Drs Moh Solehatul Mustofa MA dalam peresmian Rumah Produksi Jurusan Sejarah, Selasa (18/10) di  Gedung C5 FIS UNNES

Semangat berkreativitas dan berkarya di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang dimanifestasikan ke dalam Rumah Produksi. Rumah Produksi atau yang akrab disapa dengan Mata Sejarah Production (MSP) bermaksud untuk mendayagunakan secara optimal peralatan yang telah disuplai oleh Islamic Development Bank (IDB).

Ketua Jurusan Sejarah Dr Hamdan Tri Atmaja MPd menegaskan bahwa berdirinya Rumah Produksi ini akan menjadi pijakan awal Jurusan Sejarah dalam berkontribusi nyata untuk dunia pendidikan baik lokal maupun nasional. Kontribusi tersebut terarah kepada fasilitasi Guru dengan produk-produk yang akan mempermudah dan menambah kreativitas dan inovasi pembelajaran sejarah. Sehingga harapannya pembelajaran sejarah akan semakin berkualitas dan mencapai tujuan nasional yang sudah disepakati.

“Rumah Produksi ini akan melibatkan mahasiswa dalam berkarya, karena ide-ide cemerlang biasanya lahir oleh mereka. Dosen di Jurusan Sejarah dengan segenap pengalamannya akan berperan aktif dalam melakukan pengarahan secara intensif supaya tujuan yang telah terprogram dapat tercapai secara optimal, terutama tujuan yang mengarah kepada pengembangan pembelajaran sejarah di dalam kelas” ungkap Koordinator Rumah Produksi Jurusan Sejarah Syaiful Amin SPd MPd. Semoga kedepan Jurusan Sejarah mampu megembangkan UNNES untuk menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi Internasional.

 [:]