024-8508006

December 5, 2016
FIS UNNES Rintis Kerjasama dengan BPP Kemendagri

[:id] 

img-20161205-wa0010

JAKARTA – Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (UNNES) Drs Moh Solehatul Mustofa MA bersama TIM  bertandang ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, Senin (5/12) di Aula BPP Kemendagri. Tujuan kunjungan ini adalah membahas kerjasama tentang inovasi daerah antara UNNES dengan Kemendagri, dimana FIS UNNES akan mengembangkan Desa Edu Wisata yang nantinya dapat menjadi percontohan inovasi desa lain di Kota Semarang.

Plt. Kepala BPP Kemendagri, Dodi Riyadmadji menyambut positif niat baik tim UNNES dalam menjalin kerjasama bersama BPP. “Soal desa wisata, saya punya pengalaman di Bali dan Jogja, terdapat banyak penempatan yang menyediakan banyak kamar sekaligus mengajarkan orang menari, membatik, kami sudah bekerjasama dengan Kemenpar. Saya kira itu bisa menjadi contoh, dan menarik karena memperkenalkan kultur Indonesia,” papar Dodi memberi masukan.

Drs Moh Solehatul Mustofa MA Dekan FIS UNNES mengungkapkan “UNNES sudah menciptakan beberapa inovasi di daerah yang langsung dipraktikan oleh beberapa civitas akademik UNNES, seperti pengembangan museum konservasi yang sejalan dengan visi misi yang sesuai dengan disiplin ilmu Fakultas Ilmu Sosial. Sekarang sedang menyiapkan infrastruktur dasarnya, untuk itu kita bisa kerjasamakan dengan detail  untuk mewujudkan Desa Edu Wisata FIS”.

Kepala Bagian Perencanaan, Moh. Noval menanggapi dengan positif terkait rencana program Desa Edu Wisata. “Sebenarnya orientasi FIS UNNES sudah sejalan dengan tupoksi Kemendagri. Kita lebih ke sifatnya perumusan kebijakan dan teknis. Yang ingin saya tanyakan fokus kerjasamanya kemana? Apakah bisa menindaklanjuti hasil penelitian yang ada lalu disenergikan untuk tindak lanjut. Saya rasa FIS UNNES juga tidak ingin hasil penelitiannya masuk ke laci perpustakaan, ada hasil tindak lanjut melalui pintu badan litbang.

Masukan-masukan dan pendapat itu diterima oleh Plt. Kepala BPP untuk selanjutnya menjadi bahan diskusi kerjasama lebih lanjut. “Intinya kami menyambut baik rencana kerjasama ini. Apa-apa yang sudah dipaparkan, bisa memberi semangat. Karena memang bekerja di litbang tiada hari tanpa ide, oleh Karena itu, hari ini hari yang sangat baik bagi FIS UNNES dan BPP Kemendagri. Kami mengharapkan ada realisasi dari apa yang sudah dibicarakan ini pada 2017 mendatang,” tutup Dodi.

 [:]