FIS UNNES SUKSES ADAKAN WEBINAR DAN RAIH JUARA 1 LOMBA ESAI TINGKAT INTERNASIONAL DALAM THE 3RD GLPY 2020

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (FIS UNNES) menyelenggarakan acara puncak The 3rd Growth Leadership Program for Youth (GLPY) 2020 pada Rabu (29/7/2020).

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan bekal berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan kepemimpinan bertumbuh bagi generasi muda, kali ini harus dilaksanakan secara secara daring karena masih dalam masa normal baru akibat pandemi Covid-19.

GLPY 2020 terdiri atas serangkaian kegiatan yang meliputi kegiatan lomba esai dan kegiatan Webinar terkait dengan Kepemimpinan Bertumbuh. Seleksi lomba esai GLPY sudah dimulai sejak awal Juni lalu secara daring yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia.

Sedangkan kegiatan Webinar GLPY yang diikuti peserta dari kalangan mahasiswa, guru, pegawai pemerintah, dan akademisi dari berbagai lembaga dan kota serta provinsi di Indonesia diselenggarakan pada hari Rabu (29/7) melalui ZOOM Meeting.

Kegiatan Webinar dibuka secara resmi oleh Dekan FIS UNNES, Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A. yang memaparkan bahwa The 3rd Growth Leadership Program for Youth 2020 dengan tema “The Role of Millenial Generation in Dealing with Covid-19” yang diharapkan mampu memberikan pemahaman dan motivasi bagi pemuda agar belajar dari fenomena pandemi Covid-19 ini.

Ada tiga pembicara utama dalam GLPY ini, yakni Dr. Ngabiyanto, M.Si. (Ketua LP3 UNNES), Dr. H. Anang Budi Utomo, S.Pd., S.Mn., M.Pd. (Anggota Komisi DPRD Kota Semarang), dan M. Rikza Chamami, M.Si. (Kapus PPM LP2M UIN Walisongo Semarang)

Dr. Ngabiyanto, M.Si menjelaskan bahwa kepemimpinan bertumbuh merupakan kepemimpinan yang terinspirasi dari sebuah pohon yang terus tumbuh berkembang dan memberikan inspirasi bagi orang lain. Kepemimpinan bertumbuh layaknya pohon yang senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dan lingkungan yang baru serta memiliki berbagai unsur yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan. Kepemimpinan bertumbuh memiliki lima prinsip layaknya pohon, mulai dari menumbuhkan benih kepemimpinan, memperkuat pohon kepemimpinan, merangkai jejaring pohon kepemimpinan, hingga pohon kepemimpinan tumbuh tinggi dan rindang dan mampu menyemai tunas kepemimpinan baru.

Sedangkan Dr. H. Anang Budi Utomo, S.Pd., S.Mn., M.Pd. banyak mengupas mengenai isu dan penanganan Covid-19 di Kota Semarang serta bagaimana pemimpin merespon adanya Covid-19. Beliau menambahkan bahwa pemuda sebagai generasi millenial harus berperan dalam penanganan Covid-19 melalui inovasi teknologi dan kontribusi dalam memberikan edukasi kepada masyarakar terkait pencegahan dan penanganan Covid-19.

M. Rikza Chamami, M.Si. dalam Webinar ini memberikan paparan yang menarik mengenai kepemimpinan dengan mengusung pembahasan “Millenial yang Rahmatan Lil ‘Alamin” yaitu generasi millenial yang memberikan rahmat dan kasih sayang bagi seluruh alam. Generasi millenial merupakan pemimpin di masa depan yang tidak hanya membutuhkan ilmu pengetahuan, melainkan juga harus memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, amanah, bijaksana, mengayomi, teladan, rela berkorban, ikhlas, santun, berkarisma, dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Dalam Lomba esai The 3rd Growth Leadership Program for Youth 2020, Alfiatus Zulfa dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil meraih juara 1 yang mengusung inovasi media pembelajaran dan edukasi Covid-19 untuk kaum disabilitas. Kemudian, juara kedua berhasil diraih oleh Puja Chrisdianto Manapa dari Universitas Diponegoro (UNDIP) dan juara ketiga ditempati oleh Rahma Annisa Izzania dari Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sebagai juara keempat ada Belinda Azzahra Irwan Putri dari Universitas Indonesia (UI), dan juara kelima berhasil diraih oleh Royhan Saydi dari Universitas Jember (UNEJ).

(BS)

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
fis@mail.unnes.ac.id

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources