Asah Keterampilan Mahasiswa Berbicara di Muka Umum, FIS UNNES Gandeng Profesional “Public Speaking”

Menjadi seorang calon tenaga pendidik tentu tidak terlepas dari yang namanya Public Speaking. Public Speaking tentu terdengar mudah bagi beberapa orang ketika hanya mengucapkan, namun terkadang banyak orang juga merasa kesulitan ketika melakukan Public Speaking secara langsung.

Kemudian apa itu public speaking? Pada dasarnya, ini adalah presentasi yang diberikan langsung kepada audiensi. Pidato publik dapat mencakup berbagai macam topik yang berbeda. Tujuan dari pidato bisa untuk mendidik, menghibur atau mempengaruhi pendengar. Sering kali, alat bantu visual dalam bentuk slideshow elektronik digunakan untuk melengkapi pidato dan membuatnya lebih menarik bagi pendengar.

Presentasi berbicara di depan umum berbeda dari presentasi online karena presentasi online dapat dilihat atau didengarkan sesuai kemauan pemirsa, sementara pidato publik biasanya terbatas untuk waktu tertentu atau tempat. Presentasi online sering terdiri dari slide atau pre-recorded video dari pembicara (termasuk rekaman presentasi langsung berbicara di depan umum). Namun terkadang presentasi berbicara di depan umum secara langsung tidak sedikit orang yang merasa gugup, malu, dan tidak berani untuk presentasi berbicara di depan umum.

Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang penyelenggaraan kegiatan Pelatihan Public Speaking yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang yang diikuti oleh seluruh peserta khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang pada Rabu (12/8).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan melalui  platform Zoom Meeting  ini, hadir sebagai narasumber Public Speaker yaitu Krisna Phiyastika, S.Si., M.Pd dan seorang Presenter TVRI Aries Ardian.

Dengan dimoderatori oleh Tutik Wijayanti S.Pd M.Pd, keduanya menyampaikan dan melatih tentang bagaimana pentingnya Public Speaking bagi calon tenaga pendidik dan juga latihan supaya bisa dan berani untuk melakukan Public Speaking.

Hadir juga dalam memberikan sambutan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. Eva Banowati, M.Si. yang mengapresiasi untuk penyelenggaraan Pelatihan Public Speaking. “Berbicara didepan umum bukanlah hal yang mudah, saya saja saat ini ketika memberikan sambutan kepada peserta masih belum sempurna dalam berbicara didepan umum, maka dari itu pelatihan Public Speaking  ini tentu sangat bermanfaat bagi kita guna melatih dan membiasakan diri kita untuk berani berbicara di depan umum,” ungkap Prof. Dr. Eva Banowati, M.Si.

Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong dan memotivasi para peserta untuk melatih dalam melakukan Public Speaking dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai Rumah Ilmu Pengembang Peradaban, UNNES berkomitmen penuh untuk tetap eksis menjadi garda terdepan dalam bidang ilmu dan pengetahuan. Eksistensi ini, UNNES tunjukkan melalui penyelenggaran pelatihan yang diharapkan mampu menjadi wadah pertukaran ilmu dan pengetahuan, terutama saat masa pandemi seperti sekarang.

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
fis@mail.unnes.ac.id

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources