FIS UNNES Selenggarakan Webinar “Capacity Building” di Era “New Normal” bagi Mahasiswa

Di Era New Normal membawa dampak perubahan dalam kehidupan manusia terutama dalam kehidupan akademis di Perguruan Tinggi, mahasiswa dituntut untuk tetap produktif melakukan kegiatan kreatif untuk mengeksplorasi diri dan meningkatkan kualiatas diri. Mendasari fenomena ini Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (FIS UNNES) mengadakan webinar dengan tema Capacity Building Di Era New Normal Bagi Mahasiswa, Kamis (22/10).

Webinar dibuka langsung oleh Dekan FIS UNNES Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A., serta dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ketua Jurusan, Pembina Lembaga Kemahasiswaan, Kabag Tata Usaha dan diikuti 230 peserta dmahasiswa FIS UNNES dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lain.

Dalam Sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarag menyatakan bahwa betapa pentingnya Capacity Building untuk para mahasiswa terutama ditengah era new normal untuk mengeksplorasi dan meningkatkan kualitas diri dengan kegiatan-kegaitan kreatif, oleh karena itu Fakultas Ilmu Sosial memberikan wadah webinar ini sebagai upaya untuk meningkatkan Capacity Building.

Webinar ini disiarkan langsung dikanal Youtobe Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang menghandirkan tiga pembicara yakni Direktur Tipikor Bareskrim Polri Bapak Drs. Brigjen. Pol. Drs. Djoko Poerwanto, kemudian Dr. Eko Handoyo, M.Si. dari Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, dan Gracia Elora Mujianto, S.Pd. yang merupakan Duta Bandara 2016.

Brigjen. Djoko Poerwanto dalam penyampaian materinya mengatakkan bahwa dalam membatas korupsi di Indonesia setiap elemen turut berperan penting termasuk lingkungan akademik diperguruan tinggi strategi untuk membatas korupsi dilingkungan kampus yakni ada tiga cara penerapan aturan internal PT maupun Pidana UU TPK, adanya perbaikan sistem perkuliahan dan kegiatan mahasiswa yang anti korupsi, dan edukasi dan kampanye anti korupsi.

Dr. Eko Handoyo, M.Si. menyampaikan bahwa untuk memenuhi Capacity Building bagi seorang mahasiswa adalah bukan hanya baik dalam akademis saja, tetapi secara non-akademis dan pengalaman-pengalaman selama kuliah merupakan hal yang penting untuk mencapai kesuksesan.

Gracia Elora selaku Duta Bandara Internasional Ahmad Yani pada tahun 2018 mengatakan untuk mencapai sebuah gaols dibutuhkan tiga tahapan yakni belajar yang kemudian di praktikan, setiap kegiatan yang dilakukan dibutuhkan evaluasi. Dari kegita tahapan itu terus berputar. Dengan begitu tujuan-tujuan yang diimpikan dapat tercapai.

Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kemajuan mahasiswa Indonesia.

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
fis@mail.unnes.ac.id

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources