Rektor UNNES: “Ilmu Harus digilirkan agar memberikan dampak perubahan peradaban”

Rektor Universitan Negeri Semarang Prof. Dr. Fathur Rokhman, M. Hum menekankan pentingnya ilmu sebagai dasar dalam melaksanakan segala aktivitas. Hal tersebut disampaikan saat memberikan pengarahan pada kegiatan Rapat Kerja FIS UNNES tahun 2021, Selasa (23/2/2021) melalui Zoom Meeting.

Rektor memaparkan bahwa UNNES akan menjadi universitas yang gemilang, universitas yang memiliki marwah, universitas  yang mulia apabila kita mendekatkan diri didasarkan atas ilmu. Berkaitan dengan ilmu rektor menceritakan, bahwa ada dua orang yang sama-sama merugi, pertama orang yang berilmu tetapi dia fasik, perbuatannya jelek merugikan orang lain. Kemudian orang yang beramal tetapi tidak berilmu. Oleh karena itu kita senantiasa, hari ini kita beramal baik untuk melaksanakan raker kerja di Fakultas Ilmu Sosial harus didasarkan atas ilmu, dan ilmu itu harus di digilirkan agar memberikan dampak perubahan peradaban.

Rektor menjelaskan bahwa semua program di unnes terutama tri dharma perguruan tinggi harus mempunyai korelasi yang signifikan dengan visi Unnes, ibarat sholat, maka barisan atau shafnya harus rapat dan lurus dengan visi UNNES, yaitu berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Pada kesempatan tersebut Dekan FIS UNNES Dr. Moh Solehatul Mustofa MA menyampaikan bahwa rapat kerja merupakan acara tahunan yang bersifat rutin yang berisi kegiatan menyusun program yang akan dilaksanakan tahun 2021 secara final. Pembahasan program kerja sebelumnya sudah dilakukan, di tingkat fakultas dan masing-masing jurusan melalui pra raker, baik melalui virtual, jaringan pribadi dan forum lain untuk mengkritisi bersama.

Raker ini diharapkan dapat mendistribusikan seluruh tanggungan dari kementerian yang diberikan kepada rektor, rektor kepada dekan, dekan kepada jurusan, dan jurusan kepada dosen. Dekan menekankan pentingnya kolaborasi atau kerja sama dalam melaksanakan program kerja untuk mendukung program di tingkat fakultas, kemudian di tingkat universitas, dan mendukung program ditingkat kementerian.

Program kerja yang telah disusun harus dikawal oleh masing-masing bidang, baik bidang 1, bidang 2, dan bidang 3 secara bersinnergi, termasuk dalam mencari solusinya jika ada hambatan, inilah ciri sebagai sebuah organisasi. Program yang menjadi beban di lingkungan FIS harus disengkuyung bersama, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Untuk itu kita harus saling membantu untuk mencari titik temu, mencari titik kesamaan, berkolaborasi, membesarkan lembaga ini agar tujuan lembaga bisa tercapai. Paparan raker dimoderatori oleh Edi Kurniawan S. Pd, M. Pd, dilanjutkandi paparan program bidang akademik yang disampaikan oleh Prof. Dr. Wasino, M. Hum Wakil Dekan Bidang akademik, paparan bidang Administrasi Umum dan Keuangan oleh Dr. Apik Budi Santoso, M. Si, dan paparan bidang Kemahasiswaan oleh Prof. Dr. Eva Banowati, M.Si

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
[email protected]

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources

Department Contact Info

School Of Law

1810 Campus Way NE
Bothell, WA 98011-8246

+1-2345-5432-45
[email protected]

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Student Resources