Wafatnya Drs. Soenardi, MM, Dekan FIS UNNES Periode 2004-2007: Kepergiaan Seorang Bapak yang Bijak dan Kharismatik

Semarang, FIS UNNES. Keluarga besar FIS Universitas Negeri Semarang khususnya Jurusan Geografi kehilangan salah satu tokoh panutan yang selalu menebar keramahan, kebaikan, dan kesabaran dalam kesehariannya. Drs. Soenardi, MM atau biasa disapa Pak Nardi, pensiunan dosen di Jurusan Geografi FIS UNNES telah wafat, dipanggil sang Khaliq pada hari Senin, 28 Juni 2021 pada usia 76 tahun.

Kepergiannya meninnggalkan duka mendalam di lingkungan jurusan, bahkan di lingkungan fakultas, mengingat almarhum adalah sosok yang sangat piawai dalam menjalin komunikasi dan relasi dengan siapapun semasa hidupnya. Almarhum pernah menjabat sebagai dekan FIS  pada tahun 2004-2007.

Di kalangan dosen, Pak Nardi dikenal sebagai sosok yang ramah, selalu menebar senyum, dan enak diajak berdiskusi baik membahan persoalan sederhana keseharian maupun permasalahan-permasalahan yang lebih serius yang menyangkut urusan lembaga. Bagi beliau, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Maka tidak heran, karena sikap bijak itulah beliau sering dipercaya menjadi nahkoda di lingkungan fakultas. Tercatat Pak Nardi pernah dipercaya sebagai Ketua Jurusan, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan, dan puncaknya menjadi Dekan FIS UNNES Periode 2004-2007. Ini menunjukkan kemampuan almarhum dalam manajerial dan tingginya tingkat kepercayaan terhadap almarhum.

Di kalangan mahasiswa, beberapa alumni menuturkan bagaimana gaya beliau di depan kelas pada saat mengajar atau memberikan kuliah. Sangat khas, tidak ada suara keras, selalu bersikap lembut dalam menyampaikan sesuatu. Ketika menggambar bola bumi pada saat membahas materi meteorologi dan klimatologi, beliau memberi contoh di depan mahasiswa bagaimana membuat lingkaran secara baik dan proporsional, termasuk menjelaskan materi secara runtut dan tuntas. Ini menunjukkan bagaimana almarhum mengajarkan agar mahasiswa kelak bersikap profesional, bertanggungjawab terhadap profesinya.

Kesabaran beliau dalam menghadapi mahasiswa juga mendapat pujian dari beberapa alumni, khususnya para mantan aktivis kemahasiswaan. Setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan tensi tinggi, ketika sampai di hadapan beliau, maka akan meleleh, teduh dan selesai tanpa meninggalkan masalah. Ini karena pendekatan Pak Nardi yang penuh dengan kekeluargaan, menempatkan diri sebagai orang tua, dan bijak memahami persoalan mahasiswa.

Banyak jasa dan pengabdian yang telah disumbangkan oleh Pak Nardi selama di UNNES, khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu sosial, sehingga sangat layak jika kepergiannya sangat meninggalkan duka mendalam.

Karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melepas kepergiaan beliau, maka Jurusan Geografi melaksanakan doa secara khusus yang ditujukan untuk Pak Nardi, dilaksanakan secara virtual menggunakan platform Zoom. Acara dipimpin langsung oleh Dr. Tjaturahono BS, Ketua Jurusan Geografi, diawali dengan penyampaikan testimoni tentang Pak Nardi. Beberapa dosen, seperti Prof. Dr. Eva Banowati dan Prof. Dr. Erni Suharini menyampaikan kebaikan Pak Nardi selama hidupnya, sehingga duka mendalam sangat dirasakan oleh kedua profesor tersebut. Setelah penyampaian testimoni, acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yaasin dan pembacaan kalimah Thoyyibah yang dipimpin oleh Dr. Heri Tjahjono, M. Si.

Malam harinya, keluarga besar FIS UNNES juga melaksanakan kegiatan yang sama, yaitu Doa bersama Fakultas Ilmu Sosial UNNES untuk Drs. H. Soenardi. Acara dihadiri oleh pimpinan fakultas dari dekan, wakil dekan, ketua jurusan, Ketua LP3, Ketua LPPM. Acara juga dihadiri oleh unsur dosen, tendik, pensiunan, mahasiswa, dan para alumni.

Dr. Solehatul Mustofa, MA, Dekan FIS UNNES dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan oleh peserta yang hadir, dan mengingatkan akan jasa almarhum. Dekan juga tidak lupa mengingatkan bahwa perjalanan hidup seseorang menuju ahir hayatnya adalah proses yang tidak bisa dihindari, maka kematian menjadi pengingat agar seseorang selalu berupaya berbuat baik.

Acara dipimpin oleh Dr. Heri Tjahjono, M. Si, dan selama proses berlangsung, semua peserta yang hadir tampak khusu’ dan ihlas memberikan doa terbaik untuk salah satu putra terbaik di lingkungan FIS UNNES.

Selamat Jalan Pak Nardi…

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
[email protected]

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources

Department Contact Info

School Of Law

1810 Campus Way NE
Bothell, WA 98011-8246

+1-2345-5432-45
[email protected]

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Student Resources