Akomodir Suara Mahasiswa Untuk Kesinambungan Harapan Antara Dosen Dengan Mahasiswa

Semarang, FIS UNNES. Asma Luthfi, S. Th. I., M. Hum., Ketua Jurusan Sosiologi Antroplogi FIS UNNES menjadi pembina Apel Senin pagi, 20 September 2021 yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Apel Senin pagi tersebut diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan di lingkungan FIS UNNES yang terdiri dari dekan, para wakil dekan, seluruh pengurus jurusan/Prodi, seluruh dosen, korbag, subkorbag, dan seluruh tendik. Bertindak sebagai petugas apel virtual adalah: Pembawa acara Noviani Achmad Putri, pembaca naskah Pancasila oleh Harto Wicaksono, pembaca pembukaan UUD 1945 oleh Anif Eko Trisnadi,  Pembacaan Sapta Prasetya KORPRI oleh Fredy Hermanto , dan pembaca doa oleh Munadi. Hadir juga para profesor di lingkungan FIS.

Bu Asma, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, terutama yang berkaitan dengan kegiatan akademik dan capaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan.

“Tidak terasa kita sudah masuk minggu ke 5 perkuliahan, dan ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan terkait dengan bagaimana proses pelaksanaan akademik di lingkungan FIS UNNES, terutama terkait dengan pencapaian target IKU universitas yang perlu kita perhatikan bersama-sama, baik di tingkat fungsionaris jurusan maupun di tingkat dosen dan tenaga kependidikan”.

Beberapa IKU target itu sudah dilaksanakan oleh bapak ibu civitas akademika di FIS, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan kembali. Terkait pelaksanaan MBKM di bidang 1 yang dilaksanakan di FIS baik yang di dalam negeri maupun luar negeri, masing-masing prodi telah melakukan berbagai macam kegiatan MBKM seperti pertukaran mahasiswa dan pertukaran mengajar, magang, studi independen, dan membangun desa. Tentunya ini merupakan bagian dari pencapaian IKU serta bagaimana aktualisasi dari MBKM kita untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan juga bagaimana aktualisasi kampus di syaratkan.

Untuk bidang akademik lain, pimpinan fakultas telah mengingatkan bahwa ada tagihan laporan sementara laporan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Sebagaimana telah diinformasikan oleh gugus penelitian dan pengabdian pada masyarakat, masih asih ada beberapa yang belum melengkapi laporan sementara penelitian dan pengabdian. Maka diharapkan laporan sementara bisa dilengkapi karena akan direkap di universitas.

Kemudian untuk bidang 2, mengingat saat ini bulan september, tak terasa sekitar 3 atau 4 bulan lagi sudah ahir  tahun sehingga realisasi program kerja bisa diakselerasi. Pemutahiran data di MYSAPK terahir tanggal 30 September 2021, maka diharapkan segera dilengkapi.

Untuk bidang 3, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, misalnya di Sosiologi ada kompetisi Sosiologi tingkat nasional ke 7 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober, dan beberapa lomba-lomba di jurusan lain. Berkaitan dengan dinamika kemahasiswaan, disampaikan bahwa perkuliahan daring ini untuk penjadwalan ulang perkuliahan diharapkan bisa mengakomodir suara mahasiswa sehingga ada kesinambungan antara harapan dosen dengan mahasiswa.

Untuk mahasiswa angkatan 2014, saat ini mereka sudah masuk semester 15. Seharusnya sudah DO, tapi mereka mendapatkan dispensasi, diberi kesempatan menyelesaikan studi sampai bulan Februari, oleh karena itu Bapak Ibu dosen pembimbing skripsi, dosen wali, dan fungsionaris jurusan untuk mengakselerasi atau mempercepat pembimbingan untuk mahasiswa angakatan 2014 agar mereka bisa menyelesaikan studinya.

Leave a Reply

Departemen Kontak Info

Layanan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Gedung Dekanat C7, Kampus Sekaran
Gunungpati, Semarang

Telp : (024) 8508006
[email protected]

Senin – Kamis 07:00 – 16:00 WIB

Istirahat 12:00  – 13:00 WIB

Jumat 07:00 – 14:30 WIB

Istirahat 11:00  – 13:00 WIB

Sosial Info

Student Resources

Department Contact Info

School Of Law

1810 Campus Way NE
Bothell, WA 98011-8246

+1-2345-5432-45
[email protected]

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Student Resources