Mahasiswa FIS UNNES Mengikuti International Jogja Youth Camp 2021

Semarang, FIS UNNES. Abdul Kholiq dari Jurusan PKN dan Fatfa Permata Ambya Sari dari Jurusan Sosiologi Antropologi, 2 mahasiswa FIS UNNES  mengikuti kegiatan International Jogja Youth Camp 2021 yang diselenggarakan Dema FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 November 2021 di University Hotel dengan mengankat tema “The Roles of Youth Amidst Pandemic: Opportunities & Challenges”. Dihadiri lebih dari 20 kampus dari FIS-FISIP se-Nusantara. BEM FIS UNNES mengirim dua delegasi untuk acara tersebut yakni Abdul Kholiq dan Fatfa Permata Ambya Sari.

Rangkaian acara diisi dengan ragam materi dari akademisi maupun praktisi. Dihari kedua, materi internasional bersama dengan mahasiswa-mahasiswi luar negeri untuk ikut terlibat dalam diskusi. Kemudian dilanjut forum diskusi antar peserta dan hari terakhir diisi dengan city tour.

Dalam beberapa sesi, Abdul Kholiq, Ketua BEM FIS UNNES 2021 cukup aktif dalam keberjalanan acara. Beberapa kali kesempatan bertanya, mengemukakan perspektif bahkan mengambil peran untuk mengarahkan forum diskusi “Temu BEM FIS-FISIP” membahas demokrasi dan politik Indonesia. Ia mengajukan tiga hal yakni draf manifesto sebagai kajian dan rekomendasi kebijakan, grub forum komunikasi BEM FIS-FISIP se-Indonesia, dan organ perjuangan berkelanjutan sebagai wadah gerak mahasiswa mengawal isu-isu sosial politik atas dasar latar identitas fakultas yang sama.

Partisipasi kedua mahasiswa FIS UNNES dalam International Jogja Youth Camp 2021 tersebut menjadi salah satu dukungan pimpinan FIS kepada mahasiswa agar ikut berkontribusi dalam kegiatan kemahasiswaan dan peka terhadap isu sosial. Mahasiswa juga diharap menjadi duta visi FIS UNNES sebagai fakultas yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional dengan nilai-nilai FIS Peduli.