Produksi Sejarah Lokal, Tim Pengabdian Fis UNNES Kolaborasi Dengan Komunitas Semak Belukar Kabupaten Karanganyar

Tim Pengabdian Fakultas Ilmu Sosial UNNES melaksanakan pengabdian berupa mereproduksi sejarah lokal di Kabupaten Karanganyar. Dalam melakukan pengabdian, TIM Pengabdian FIS UNNES berkolaborasi dengan Komunitas Semak Belukar Kabupaten Karanganyar. Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan oleh komunitas ini antara lain belusukan ke Desa Kaling, Macanan  dan Alastuwo pada bulan maret 2021, koordinasi pengurus membahas rencana kerja komunitas, koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, dan bersih bersih situs di Tunggul Tani Kerten pada bulan April 2021, serta belusukan ke Makam Kawandoso Joyo di Tasikmadu. Berdasarkan pertimbangan tersebut, Komunitas Semak Belukar menjadi masyarakat sasaran dalam kegiatan pengabdian kemitraan ini.

Tim pengabdi kemitraan FIS UNNES terdiri atas Dr Nina Witasari SS M Hum., Dr Vitradesie Noekent SE MM dan Vina Nurul Husna M Sc beserta tim mahasiswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan membangun jejaring kerjasama kampus dengan mitra secara proporsional yaitu antara Komunitas Semak Belukar, Masyarakat Sejarah Indonesia Jateng, dan peneliti/pengabdi dari Prodi Sejarah dan Prodi Geografi UNNES, meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengkurasi budaya dan/atau peninggalan sejarah sekaligus mengedukasi masyarakat sekitar ditemukannya benda- benda bersejarah, serta membantu pemerintahan daerah melaksanakan perlindungan benda-benda bersejarah dalam bentuk dokumentasi benda dan lokasi temuan sejarah menggunakan teknologi SIG untuk mereproduksi sejarah lokal di Kabupaten Karanganyar.

Dalam melihat permasalahan yang terjadi, tim pengabdi melaksanakan solusi, Pertama, pelatihan daring dan pendampingan kurasi benda budaya, rekonstruksi lokasi temuan menjadi morfologi kawasan menggunakan teknologi SIG bagi anggota Komunitas Semak Belukar.  Pelatihan   teknologi SIG diberikan kepada anggota Komunitas Semak Belukar yang berprofesi sebagai pendidik/guru Sejarah dan Geografi dengan tujuan meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi SIG sekaligus mengimplementasikannya dalam pembelajaran di sekolah. Kedua, kolaborasi akademisi-mahasiswa-mitra menyusun materi-materi edukasi tentang pelaporan, perlindungan, dan pemanfaatan benda temuan sejarah dan budaya. Selain menyusun materi, kolaborasi juga dilakukan dalam bentuk kampanye “sadar sejarah lokal Kabupaten Karanganyar”. Ketiga, mendigitasi temuan benda sejarah, baik yang sudah ditemukan sebelumnya maupun yang mungkin akan ditemukan selama proses kolaborasi akademisi-mahasiswa-mitra, mengembangkan basis data, menganalisis temuan, dan terakhir mengatur komposisi dan tampilan peta menjadi prototipe SIG sejarah lokal di Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan tim pengabdi kemitraan FIS UNNES mendigitasi temuan benda sejarah dilaksanakan pada tanggal 20 sampai tanggal 24 Juli 2022. Dengan terlaksananya kegiatan pengabdian ini, diharapkan akan banyak lokasi temuan benda sejarah yang dapat didigitasi sehingga mempermudah upaya-upaya perlindungan dan pelestariannya. Manfaat berikutnya adalah dapat memberikan penguatan atas usulan pada pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk menjadikan Kawasan Karangayar sebagai lokasi wisata edukasi dengan tetap mempertimbangkan perlindungan dan pelestarian benda-benda purbakala.