Ilmu Politik (S1)

Department
Jurusan Politik & Kewarganegaraan

Prodi Ilmu Politik berdiri tahun 2012, sesuai Kemendikbud RI No. 232/E/O/2012. Lulusan Prodi Ilmu Politik diharapkan memiliki keahlian: (1) penguasaan teori-teori Ilmu Politik, sosial, kemasyarakatan, dan metodologi Ilmu Politik, dan (2) memiliki integritas kepribadian, kemandirian, sifat kritis, kreatif, mampu bekerjasama, komunikatif, mampu membangun jaringan dan memperkuat institusi local.
Program Studi Ilmu Politik memiliki keunggulan pada kajian etika politik dan penguatan institusi lokal. Dengan kajian tersebut, diharapkan akan terbentuk lulusan Ilmu Politik yang cerdas, beretika, jujur, mandiri, peduli, dan bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan Ilmu Politik adalah mampu:

  • Menguasai dasar?dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang ilmu politik;
  • menerapkan etika Pancasila, memberikan kontribusi positif dalam mendorong penguatan institusi lokal dan
  • memberikan ide/gagasan yang orisinil, kritis, dan komprehensif yang berorientasi pada pemecahan masalah politik dan pembangunan serta bekerja lintas budaya.

Guna mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan sebagaimana tersebut di atas, maka penyelenggaraan Program Studi Ilmu Politik S1 Jurusan Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial mengacu pada kurikulum tahun 2012. Mata kuliah yang disajikan berdasarkan kurikulum inti yang menjadi mata kuliah wajib program studi dan kurikulum lokal yang dijabarkan dalam mata kuliah pilihan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat. Jumlah SKS minimal untuk menyelesaikan studi yang diselenggarakan Program Studi Ilmu Politik adalah 144 SKS, yang terdiri atas 112 SKS mata kuliah wajib dan 32 SKS mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan yang disediakan sejumlah 62 SKS.

Alamat
Gedung C4. Lt 1 FUS UNNES, Jl. Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229
Telepon  : (024) 8508014
Faksimil : (024) 8508014
Email      : ilmupolitikunnes@yahoo.co.id