Penelitian dan Pengabdian

PENELITIAN

Pasal 20 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan tegas mengamanatkan bahwa Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan darma penelitian, semua tenaga pengajar (dosen) dan mahasiswa diwajibkan untuk melakukan penelitian guna memecahkan permasalahan tertentu yang menjadi perhatiannya. Dosen melakukan penelitian untuk mengembangkan bidang ilmu yang ditekuninya dan memecahkan masalah praktis yang ada di tengah-tengah masyarakat, sedangkan mahasiswa melakukan penelitian sebagai salah satu kewajiban yang harus dipenuhi dalam menyelesaikan program pendidikan yang diikutinya.

Dalam upaya pengembangan kualitas dan kuantitas penelitian yang perlu dilakukan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang dalam waktu 10 tahun ke depan adalah:

  • Peningkatan jumlah anggaran pembiayaan penelitian secara internal
  • Penggalian dana penelitian dari sumber eksternal
  • Optimalisasi peran pusat studi dalam kegiatan penelitian
  • Peningkatan relevansi penelitian dengan program studi
  • Pengembangan kompetensi dosen dalam penelitian
  • Pemanfaatan hasil penelitian dalam proses pembelajaran.

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Perkembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi di dunia kampus perlu disebarkuaskan dan diaplikasikan untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih luas. Implementasi ini dilakukan dengan pendekatan inter-disipliner, partisipatif dan edukatif, diharapkan mampu mendorong akselerasi perkembangan pendidikan di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang dengan tepat guna dan hasil guna.

Pengabdian kepada Masyarakat sejalan dengan peningkatan keimanan dan ketaqwaan dalam konteks modernisasi kehidupan, sikap dan perilaku modern dan mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga mampu memecahkan setiap masalah dan tantangan perubahan kearah kemajuan yang lebih baik sesuai dengan nilai-nilai sosial dan budaya yang berlaku.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dari Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarnag bertujuan dalam menjalankan Iptek dan seni untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas; menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja industri dalam berbagai tingkatan jabatan; membina kerjasama dengan industri dan lembaga lain agar lebih sinergis, meningkatkan kerjasama dalam rangka mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah. Program Pengabdian kepada masyarakat diarahkan kepada khalayak sasaran individu, kelompok dan lembaga sebagai pengamalan aspek dan seni dalam rangka mensukseskan pendidikan yang maju Indonesia.